Contoh Makanan yang mengandung Karbohidrat tinggi

Macam makanan mengandung karbohidratKarbohidrat adalah nutrisi sumber energi utama tubuh, yang diperoleh dari produk nabati dan susu. Ada tiga jenis karbohidrat, yaitu pati, gula dan serat. Pati terbuat dari rantai gula kecil yang memecah untuk memberikan energi, dan setiap gramnya mengandung 4 kalori. Gula adalah karbohidrat sederhana yang bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Serat tidak memberikan kalori karena tubuh kita tidak memecah serat selama proses pencernaan.

Advertisement

Golongan makanan yang mengandung tinggi gula seperti permen, soda, kue dan buah-buahan. Makanan yang mengandung pati mencakup mie, roti, padi-padian/biji-bijian dan sayuran. Mengkonsumsi sehat karbohidrat yang tinggi serat yang dimoderasi akan membantu kita untuk menjaga berat badan yang sehat. Namun mengkonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan bahkan tekanan darah tinggi, terutama pada orang yang menderita diabetes.

Kebanyakan orang memilih diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Dan asupan makanan yang mengandung karbohidrat kita harus seimbang karena bisa kurang baik bagi kesehatan tubuh. Setiap gram karbohidrat mengandung sekitar 3,75 kilokalori, dan tubuh kita membutuhkan sekitar 40% sampai 60% kalori dari karbohidrat – dan lebih rendah dari ini tidak sehat.

Berikut ini contoh macam-macam sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terbaik:

Biji-bijian/Padi-padian:

Padi-padian merupakan sumber karbohidrat kompleks dan serat makanan yang sangat baik. Hampir setiap butir padi mengandung tinggi karbohidrat kompleks dan setiap butir gandum mengandung katul dan endosperm yang memberikan bermacam nutrisi dan senyawa lainnya yang mendukung kesehatan. Bijian/padi-padian yang mengandung karbohidrat termasuk beras, jagung, gandum, dan barley. Beras merah mengandung sekitar 38 mg karbohidrat per porsi. Beras merah tak cuma menyediakan energi dari karbohidrat tetapi juga mengandung serat tinggi yang membantu pencernaan. Gandum juga bermanfaat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu kontrol berat badan.

Kentang :

Kentang juga mengandung karbohidrat tinggi dalam bentuk pati. Secangkir kentang rebus mengandung sekitar 31 gram karbohidrat dan secangkir kentang tumbuk 36 gram karbohidrat. Kentang goreng paling tinggi karbohidrat , sekitar 27%-35%. Kentang juga mengandung tinggi kalium. Satu kentang berukuran sedang hanya menyediakan 110 kalori dan bebas dari natrium, kolesterol, dan lemak sehingga benar-benar bagus untuk diet. Selain itu, kentang juga mengandung Vitamin C, Vitamin B6, serat, dan zat besi.

Ubi jalar :

Ubi jalar cukup untuk memberikan karbohidrat dan memberikan energi. Delapan ons ubi jalar mengandung sekitar 240 kalori dan 55 gram karbohidrat. Ubi jalar juga rendah sodium, dan sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, ubi jalar adalah sumber serat, vitamin B 5, Kalium, Vitamin A, vitamin C dan mangan.

 Kacang-kacangan :

Kacang-kacangan mengandung lebih banyak protein jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Sama seperti biji-bijian, kacang-kacangan juga kaya akan karbohidrat kompleks. Terlepas dari karbohidrat dan protein, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega 3 dan berbagai jenis vitamin dan mineral.Hal ini juga tinggi serat yang membantu pencernaan dan bermanfaat membantu menjaga berat badan yang sehat. Kacang-kacangan dan polong-polongan yang mengandung protein termasuk kacang polong, kedelai, kacang merah, kacang hijau, dan kacang pinto.

Baca juga:  Top Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Sereal:

Sereal adalah cara yang sehat untuk sarapan dengan tetap mengukur jumlah asupan karbohidrat. Sebagian besar sereal siap saji mengandung gula meskipun diklaim dari gandum. Sereal tersebut mengandung 98%  bermacam karbohidrat , dan sereal seperti oat atau gandum mengandung 13 hingga 15% karbohidrat. Nutrisi dalam sereal lainnya termasuk vitamin, serat, protein, seng, zat besi dan vitamin B. Oatmeal adalah pilihan sarapan yang sehat.

Pasta:

Pasta putih dan pasta semolina mengandung tinggi karbohidrat dan asam glikemik. Cobalah untuk memilih pasta quinoa atau pasta gandum dan beberapa sayuran sehat sebagai topping. Tiga cangkir pasta spaghetti menyediakan sekitar 97 gram karbohidrat. Pasta gandum biasanya juga diperkaya dengan vitamin B dan zat besi yang menambahkan nilai gizi.

Buah kering:

Buah-buahan dikeringkan seperti kiwi, plum dan kurma mengandung karbohidrat dalam jumlah yang baik,  serat, dan vitamin. Sementara buah kering lain seperti persik, aprikot dan kismis mengandung sekitar 75% karbohidrat.

Buah Pisang:

Pisang selain mengandung tinggi serat dan kalium juga mengandung karbohidrat yaitu sekitar 24g. Pisang juga mengandung gula paling tinggi jia dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Pisang juga kaya vitamin B6, vitamin C dan serat. Setidaknya satu pisang saat  sarapan setiap hari, yang bisa ditambahkan ke sereal, salad buah, susu, atau yoghurt.

Roti :

Roti mengandung vitamin dan karbohidrat dan cukup rendah kolesterol dan lemak. Sepotong roti gandum mengandung sekitar 20 gram karbohidrat. Jenis roti putih mengandung lebih tinggi karbohidrat.  Roti gandum  juga kaya serat yang membuat kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Buah Apel, beri, dan jeruk:

  • Jeruk merupakan sumber vitamin, mineral dan serat makanan yang menyumbang untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Energi utama yang hasilkan buah jeruk adalah karbohidrat. Jeruk mengandung karbohidrat sederhana, fruktosa, glukosa dan sukrosa serta asam sitrat yang memberikan pada kita energi. 1 buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 18,5 karbohidrat dan 2,7 gram serat.
  • Selain kaya antosianin dan antioksidan, buah beri seperti stroberi, blueberry dan blackberry juga mengandung banyak karbohidrat. Sekitar 14 gram karbohidrat untuk stroberi dan bluberi, sementara blueberry lebih tinggi yaitu 21 gram untuk 1 gelas.
  • Semangka rendah kalori karena kandungan airnya yang tinggi, juga sumber vitamin C, dan beta karoten . 1/2 cangkir semangka  mengandung 5,5 gram karbohidrat.
  • Apel adalah salah satu buah yang paling populer dan favorit para pecinta kesehatan dan kebugaran. Buah ini juga mengandung karbohidrat dalam jumlah sehat. Satu apel mengandung sekitar 23 gram karbohidrat. Selain itu, apel juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh yang optimal.

Sayuran Hijau:

Beberapa jenis sayuran hijau juga mengandungkarbohidrat, selain mineral penting dan vitamin. Meskipun kita harus meminimalkan konsumsi karbohidrat sederhana, namun yang ditemukan dalam sayuran hijau tidaklah buruk karena masih tinggi nutrisi. Kacang polong, biji labu dan asparagus bisa mengandung 30 gram karbohidrat. Sayuran lain yang mengandung karbohidrat termasuk kacang-kacangan, okra, mentimun, zucchini dan bayam.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *