Top Makanan sehat Berserat Tinggi terbaik

Makanan berserat tinggiSerat mungkin tidak sepopuler seperti beberapa jenis nutrisi lainnya, namun merupakan senyawa penting yang seringkali diabaikan. Meskipun kita tidak bisa benar mencerna serat, namun ia memilik efek seperti spon yang membantu menyerap air dalam pencernaan. Serat memiliki manfaat terkait dengan kesehatan jantung dan membantu mengatur kadar gula darah. Jika Anda ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan, serat akan membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah kecenderungan makan yang berlebihan. Tergantung pada jenis kelamin dan usia, orang dewasa harus mendapatkan sekitar 25 sampai 35 gram setiap hari.

Advertisement

Berikut beberapa makanan berserat tinggi yang perlu Anda masukkan kedalam daftar belanjaan Anda :

Beras merah

Setiap 1 cangkir beras mereh menyediakan sekitar 3,5 gram serat. Peneliti di Harvard baru-baru ini menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi nasi putih dalam seminggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga sebesar 17 persen, sementara menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu menurunkan risiko diabetes hingga sebesar 11 persen.

Oatmeal

Oat mengandung beta-glucan, yaitu jenis serat khusus yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oat juga memiliki kandungan serat jenis larut yang baik – jenis serat yang menurunkan kolesterol, dan jenis serat tidak larut yang membantu menjaga kelancaran sistem pencernaan. Baca juga : Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan

Brokoli

Brokoli memang sudah populer sebagai makanan super yang sangat tinggi antioksidan dan baik untuk menyehatkan Anda; sayuran ini juga dikenal sebagai makanan pencegah kanker. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat: Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram serat dari secangkir brokoli rebus.

Almond

Kacang pohon seperti salmon dan pistachio merupakan sumber serat yang baik, plus mengandung lemak sehat dan protein tinggi. Namun khusus untuk kacang Anda mungkin perlu menghitung kalorinya yang tinggi, sehingga Anda perlu mengkonsumsi dengan batasan yang sesuai.

Edamame

Edamame hanyalah kedelai tua hijau yang direbus sekaligus bersama polongnya, yang merupakan makanan yang berserat dan berprotein tinggi – 1 cangkir menyediakan 8 g serat dan 9 g protein . Edamame juga menyediakan nutrisi sehat lainnya seperti vitamin C, zat besi, magnesium, dan vitamin B-6.

Buah Pisang

Pisang adalah salah satu dari banyak makanan alami yang menyehatkan. Satu buah pisang yang berukuran sedang mengandung sekitar 110 kalori dan menyediakan 30 g karbohidrat dan 3 g serat. Selain serat, pisang juga mengandung jenis karbohidrat yang tidak bisa mencerna, yang membantu merasa kenyang lebih lama. Pisang juga bagus untuk jantung karena banyak mengandung kalium. Penelitian telah menunjukkan bahwa dietyang kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Kentang

Sebenarnya kentang baik untuk kesehatan Anda. Satu kentang berukuran sedang dan kulit menyediakan  2 gram serat. Kentang tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol, plus menyediakan vitamin C dan kalium. Namun hindari keripik kentang yang tinggi kalori dan lemak.

Baca juga:  Makanan Penambah Darah Pencegah Anemia

Buah Alpukat

Buah Alpukat berukuran sedang menyediakan sekitar 10 g serat. Alpukat menyumbang hampir 20 kebutuhan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kualitas diet secara keseluruhan.

Roti gandum

Roti gandum masih mempertahankan unsur-unsur nutrisinya dan kaya akan serat, sehingga pi ndah dari roti putih ke roti gandum adalah langkah menuju sehat yang cerdas.

Jagung

Sekitar setengah cangkir biji jagung mengandung 2 gram serat. Popcorn juga sama hebatnya sebagai sumber serat, yaitu dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir.

Kacang-kacangan

Kacang sangat bergizi, gurih, dan lezat, merupakan bintangnya makanan sehat. Kacang merupakan sumber serat tinggi : 1/2 cangkir kacang hitam masak menyediakan 7,1 g serat; sedangkan 1/2 cangkir kacang merah sekitar 7,3 g. Kacang polong hijau juga merupakan makanan sumber serat terbaik. Kacang juga mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, antioksidan, dan nutrisi penting lain termasuk folat, mangan, kalium, zat besi, fosfor, tembaga dan magnesium.

Buah Stroberi

Stroberi adalah buah yang berserat tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu cangkir stroberi mengandung 3 g serat. Selain serat, stroberi merupakan sumber vitamin C tinggi yang menyamai jeruk – plus nutrisi penting lainnya seperti folat, kalium, magnesium, vitamin K, dan  antioksidan.

Buah Apel

1 buah apel berukuran besar menyediakan sekitar 5 gram serat. Apel juga mengandung jenis antioksidan yang disebut dengan polifenol. Antioksidan ini telah terbukti memiliki bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular dan anti-kanker. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pektin(serat larut yang ditemukan dalam apel) mungkin memiliki efek melindungi usus dari kanker.

Buah Mangga

Buah Mangga tidak hanya manis dan lembut, tetapi juga sumber gizi tinggi. Mangga merupakan sumber serat yang baik, yang akan memberikan sekitar 12% dari total kebutuhan harian Anda. Plus mangga kaya  antioksidan, serta lebih dari 20 vitamin dan mineral .

Buah Pir

Ingin makanan yang mengandung banyak serat , lezat, sehat, dan rendah kalori ? buah pir bisa menjadi jawabannya. Buah ini menduduki peringkat sebagai buah yang berserat tinggi, 1 buah pir berukuran sedang menyediakan sekitar 6 gram serat; yang memenuhi hampir seperempat dari kebutuhan serat harian Anda. Pir mengandung kedua jenis serat, yaitu larut dan tidak larut. Keduanya membantu pencernaan, sementara serat larut juga membantu mengurangi kadar kolesterol. Menjaga kesehatan kulit merupakan salah satu bagian dari banyak manfaat serat yang ditemukan.

Bij-bijian

Banyak sekali jenis biji-bijian, namun semuanya merupakan sumber serat yang sangat baik. Misalnya; 1/4 cangkir biji bunga matahari mengandung sekitar 3,6 g serat . Beberapa jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari juga mengandung omega 3 yang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *