Makanan yang sudah bisa diberikan untuk Bayi Umur 6,8,9,12 bulan

Makanan Bayi 6 bulanKita semua tentu tahu bahwa usia balita adalah usia penting bagi perkembangan bayi, organ, anggota tubuh, terutama otak. Untuk itulah tugas seorang ibu dipertaruhkan, ia harus mampu memenuhi kebutuhan makanan bergizi dan dengan takaran yang tepat untuk bayinya. Usia 6 bulan adalah usia yang tepat bagi ibu untuk memperkenalkan makanan pada kepada bayinya – dan pada usia ini, bayi memerlukan berbagai nutrisi dari makanan selain dari ASI seperti zat besi. Selain itu mmperkenalkan makanan padat pada saatnya juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi si bayi.

Advertisement

Ciri-ciri jika Bayi sudah siap mendapatkan makanan padat

  1. Bayi sudahbisa menahan dan mengontrol kepalanya  dengan baik
  2. Sudah memiliki ktertarikan dengan makanan, yaitu melihat kearah makanan disekitarnya dan mencoba untuk mengambilnya
  3. Sudah engambil makanan dan memasukannya ke dalam mulutnya
  4. Jika di tawarkan makanan, biasanya bayi akan membuka mulutnya.

JIka Ibu sudah melihat  tanda-tanda tersebut, maka tak perlu disangsikan lagi bahwa bayi Anda memang benar-benar sudah saatnya untuk mendapatkan makanan padat pendamping ASI

Inilah Makanan padat  untuk bayi usia 6,8, 10  bulan hingga 12 bulan

Sebelum bayi menginjak usia 6 bulan atau perlu diberikan makanan padat penting bagi bayi untuk mendapatkan ASI. Berbagai penelitian membuktikan bahwa ASI sangat dibutuhkan olah bayi yang baru lahir karena mengandung zat antibodi seperti IgA, IgG dan IgM yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Hal ini juga membantu mencegah lonjakan bilirubin bayi, yaitu zat yang jika terlalu tinggi menyebabkan penyakit kuning pada bayi. Jadi sebelum Anda memberikan makanan padat, pastikan Anda sudah memberikan ASI pada bayi sejak baru dilahirkan. Kalau memungkin, pemberian ASI bisa dilanjutkan hingga bayi berusia 9 bulan – mengingat betapa pentingnya bagi perkembangan bayi.

Bayi Usia 6 hingga 8 bulan

Bayi yang berusia 6 sampai 8 bulan sudah bisa diberikan makan   3 hingga 9 sendok makan bubur dengan 2 sampai 3 kali makan. Untuk menambah asupan nutrisinya, bisa disipkan sayuran rebus untuk bubur sehat mereka. Beberapa bayi mungkin memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu, jadi perlu di perhatikan apakah bayi Anda menderita alergi atau tidak.

Baca juga:  Manfaat Ekstra Virgin Oil untuk Bayi

Bayi Usia 8 hingga 10 bulan

Sejak usia 8 bulan, ibu sudah mulai bisa memberikan sedikit sereal gandum yang diperkaya. Bisa ditambahkan pula 1/8 sampai 1/4 cangkir makanan yang mengandung protein seperti bubur telur, bubur daging, bubur ikan, dan bubur kacang-kacangan. Pastikan bubur sudah dihaluskan dengan sangat lembut.

Bayi Usia10 hingga 12 bulan

Bayi yang sudah berada di usia 10 bulan, boleh diberikan sedikit makanan yang diperkaya dengan zat besi. Protein dan sayuran sudah menjadi keharusan dalam periode usia 10-12 bulan

Perlu diingat sekali lagi, bayi sangat membutuhkan makanan yang sehat dan sarat gizi selama masa perkembangan. Jadi penting untuk memastikan bahwa Ibu sudah memberikan makanan padat dengan takaran yang tepat untuk bayi Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *