Khasiat dan Manfaat Buah Plum Kering

manfaat buah plum keringPlum kering sering disebut juga dengan prune atau kismis hitam atau plum hitam. Buah ini bisa dikeringkan dengan cara di oven atau di jemur dibawah sinar matahari. Kulit buah plum kering yang kasar dan berdaging lembab ini faktanya memberikan manfaat nutrisi yang luarbisa bagi kesehatan. Buah plum kering ini menyediakan berbagai jenis vitamin, mineral serat makanan dan senyawa fenolik yaitu zat yang berfungsi sebagai antioksidan.

Advertisement

Berikut manfaat khasiat buah plum kering

Mencegah sembelit, obeseitas dan menurunkan kolesterol

Plum kering mengandung serat pangan. Hal ini telah digunakan sejak lama sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit karena kandungan seratnya tersebut. Beberapa orang memilih menggunakan serat psyllium untuk meringankan kondisi sembelit mereka, namun sebuah penelitian yang dipublikasikan 2011 menunjukkan bahwa plum kering lebih efektif daripada serat psyllium. Pasien dengan sembelit kronis merasa lebih baik setelah mengkonsumsi 1/2 cangkir plum kering setiap hari daripada psyllium selama 8 minggu.
Plum yang tinggi serat larut yang membantu untuk menjaga kadar gula darah stabil. Serat larut memperlambat laju makanan meninggalkan lambung dan hasilnya menunda penyerapan gula ke dalam aliran darah. Serat larut juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Serat larut dalam plum juga membantu  merasa kenyang, yang dapat mencegah makan berlebihan dan kenaikan berat badan.
Serat larut juga membantu untuk menurunkan kolesterol dengan jalan menyerap kelebihan empedu dalam usus dan kemudian membuangnya. Empedu terbuat dari kolesterol dalam hati untuk mencerna lemak. Ketika tubuh mengeksresikan empedu bersama dengan serat dari plum, maka hati harus menggunakan kolesterol dalam tubuh untuk membuat lebih banyak empedu sehingga menurunkan jumlahnya dalam tubuh. Serat larut juga dapat menghambat jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

Mencegah osteoprorosis dan aterosklerosis

Makan plum kering bisa membantu memenuhi kebutuhan Anda akan vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah normal. Mengkonsumsi cukup vitamin K dapat membantu Anda tetap sehat diseluruh usia Anda. Penelitian telah mencatat bahwa kekurangan vitamin K pada orang tua berkorelasi dengan kondisi medis tertentu seperti osteoporosis dan aterosklerosis, sehingga memasukkan buah plum kering plum kedalam diet Anda dapat membantu Anda untuk menghindari masalah ini.

Meningkatkan transmisi syaraf dan fungsi jantung

Satu porsi buah plum kering mengandung sekitar 36 persen kebutuhan tubuh akan asupan kalium harian. Kalium bermanfaat bagi tubuh untuk memastikan fungsi jantung dan transmisi impuls saraf yang tepat di seluruh tubuh Anda. Hal ini juga dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan tulang. Sebuah penelitian di “The Journal of Nutrition” yang diterbitkan pada tahun 2008, makanan kaya kalium seperti buah plum kering terkait dengan integritas tulang meskipun studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Baca juga:  Manfaat Buah Cherry untuk Kesehatan

Melindungi kesehatan mata

Mengkonsumsi satu porsi buah plum kering dapat memenuhi sekitar 27 persen asupan harian vitamin A yang direkomendasikan. dengan demikian makan buah plum kering bisa menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan mata; vitamin A berkhasiat meningkatkan penglihatan mata pada malam hari yang baik dan bermanfaat melindungi kornea. Vitamin A dalam buah ini juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum. Penelitian yang diterbitkan tahun 2011 dalam jurnal “Vitamins and Hormones” melaporkan bahwa vitamin A dapat membantu mematikan sel yang berpotensi mebahayakan seperti sel kanker.

Melindungi tubuh dari penyakit seperti kanker

Selain bermanfaat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, plum kering juga membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Hal ini karena buah ini mengandung tinggi fitonutrien yang disebut fenol dan dua fitonutrien unik yang disebut asam neochlorogenic dan chlorogenic. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa fitonutrien ini membantu mencegah kerusakan sel-sel terutama mengenai oksidasi molekul lemak di dalam tubuh. Karena semua membran sel kita termasuk sel-sel otak kita yang sebagian besar terdiri dari lemak, maka  fitonutrien ini penting untuk diet. Senyawa ini juga telah ditemukan menghambat oksidasi kolesterol LDL dalam tubuh yang membuatnya merupakan faktor penting dalam pencegahan penyakit kronis.

Pertimbangan

Walaupun semua buah-buahan bergizi, namun makan terlalu banyak kalori – walapun dari makanan sehat dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Satu porsi 6 buah plum kering menyediakan sekitar 150 kalori. Plum kering mengandung lebih padat kalori dan gula alami per porsi daripada buah plum segar, sehingga terutama jika Anda diabetes atau  kelebihan berat badan, plum segar mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Mengkombinasikan buah plum kering dengan makanan rendah glisemik seperti kacang-kacangan dan susu rendah lemak, dapat membantu menjaga kadar gula darah dan mengontrol nafsu makan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *