Kegiatan yang dapat melatih dan meningkatkan Otak Kanan

Secara fisik, otak manusia dipisahkan menjadi dua belahan otak, dan kedua belahan tersebut berkolaborasi untuk semua fungsi kognitif. Misalnya, belahan otak sebelah kiri adalah sisi yang mengontrol pidato, sementara sisi otak kanan yang menafsirkan bahasa. Biasanya, orang akan menggunakan kedua sisi otak mereka. Namun  salah satu belahan otak lebih dominan ditonjolkan dalam beberapa perilaku. Jika Anda orangnya cenderung matematis, maka belahan otak kiri Anda yang lebih dominan. Jika Anda adalah seorang yang kreatif dan memiliki visi, maka Anda mungkin dominan menggunakan otak sisi kanan. Namun Anda bisa memperkuat belahan otak yang lemah dengan melakukan latihan.

Advertisement

Mengenali fungsi Otak kiri dan kanan –  mengetahui kegiatan atau latihan yang meningkatkan kemampuan otak kanan

Melatih Otak kiri dan otak kanan

Fungsi Otak bagian Kanan dan Kiri

Seniman dan musisi cenderung memanfaatkan otak sebelah kanan mereka lebih dari otak kiri. Menurut Eric Chudler, Ph.D., seorang ilmuwan syaraf dan peneliti di University of Washington di Seattle, fungsi dominan dari otak kanan adalah pengenalan wajah, citra visual, kemampuan spasial, dan bermusik. Sedangkan kemampuan analitis berasal dari belahan otak kiri.

Membangun kemampuan Otak Kanan

Otak kanan adalah pusat dari emosi, intuisi dan visualisasi. Anda bisa mendorong otak Anda untuk menjelajahi sisi kreatif Anda melalui kegiatan yang merangsang proses ini. Karena belahan otak kiri adalah bersifat logis, maka salah satu cara untuk membangun sisi otak kanan adalah melakukan tugas yang “tidak logis.” Artinya, mematahkan pola teratur yang sehari-hari Anda sudah terbiasa melakukannya. Variasikan rutinitas Anda dengan cara seperti berpakaian dengan mata tertutup, mengemudi untuk menuju tempat bekerja melalui rute yang berbeda, atau meletakkan mouse Anda ke sisi lain dari keyboard komputer Anda.

Meningkatkan Kreativitas

Rasionalitas dari belahan otak kiri dapat menghentikan belahan otak kanan untuk menjelajahi ide-ide baru. Namun Anda dapat melatih kembali otak kanan Anda untuk mampu berpikir out-the-box dengan menggunakan metode yang meningkatkan kreativitas. Menggambar Contour adalah latihan seni sederhana untuk mengembangkan kemampuan individu untuk merasakan ruang spasial – yaitu, bagaimana benda-benda fisik bisa menempati ruang visual . Tempatkan sebuah obyek di atas meja yang berada di depan Anda. Ikuti garis tepi luar objek dengan mata. Kemudian menggunakan sebuah  lembar kertas kosong dan pensil, gambarlah garis bersambung tanpa menatap kertas atau tanpa mengangkat pensil Anda. Ketika Anda mecoba melakukan ini, Anda akan merasakan godaan kuat untuk menghentikan dan melihat gambar Anda. Itu adalah otak kiri Anda yang mencoba untuk memahami aktivitas Anda menggunakan otak kanan. Jika Anda menikmati permainan ini dan mengidentifikasi melodi dengan hanya beberapa not, itu karena Anda sedang mengizinkan sisi kreatif Anda yang mengambil kendali. Memainkan alat musik tanpa menggunakan lembaran notasi musik(menggunakan teliga) atau menulis sebuah lagu sendiri adalah metode tambahan untuk melatih otak kanan.

Baca juga:  Manfaat buah Nanas untuk Ibu Hamil

Kebugaran Otak

Apapun kecenderungan kognitif Anda, kiri atau kanan, bisa diperbaiki melalui sebuah latihan otak. Dapatkan kebugaran otak yang optimal dengan membangun sisi otak kreatif dan sisi analitis dengan seimbang.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *