Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat Buah kesemek untuk kesehatanSudah tahukah Anda apakah Buah Kesemek itu?…. Buah yang biasanya hadir di pasar pada musim tertentu dengan dibalut serbuk putih! . Buah ini dari genus Diospyros dari keluarga ebenaceae, yang secara umum dibagi menjadi tipe zat dan non-zat. Jenis kesemek zat mengandung tingkat tinggi tanin dan rasanya cukup enak saat mentah, namun meninggalkan tekstur  sangat kering dan tepung di mulut yang cukup tidak mengenakkan. Kesmek yang benar-benar matang bertekstur lembut, sangat manis dan rasanya lezat. Warna bagian luar mulai dari kuning ke oranye. Soal penampilan terlihat hampir seperti buah tomat. Buah ini umumnya ditemukan di Asia Tenggara, meskipun beberapa varietas juga ditanam di Eropa selatan. Sekilas rasanya terkadang sangat mirip pepaya yang agak mengkal. Baca juga : Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Advertisement

Kesemek biasanya dimakan begitu saja setelah dikupas saat matang. Namun varian yang kering biasanya dimakan sebagai camilan dan dibuat makanan penutup. Terlepas dari semua, kesemek adalah buah yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Fakta Kandungan gizi buah kesemek

Energi 70 Kcal
Karbohidrat 18.59 gram
Gula 12,53 gram
Serat makanan 3,6 gram
Lemak 0,19 gram
Protein 0.58 gram
Vitamin A 81 ug
Beta Karoten 253 ug
Lutein Zeaxanthin 834 ug
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin B2 0,02 mg
Vitamin B3 0,1 mg
Folat 8 ug
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin K 2,6 ug
Vitamin C 7,5 mg
Kolin 7,6 mg
Kalsium 8 mg
Magnesium 9 mg
Zat besi 0,15 mg
Fosfor 17 mg
Kalium 161 mg
Sodium 1 mg
Manggan 0.355 mg
Seng 0,11 mg

Manfaat Buah Kesemek bagi kesehatan dan kulit

Buah kesemek mengandung antioksidan dan fitonutrien yang tinggi. Nutrisi ini bermanfaat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit degeneratif seperti  kanker, katarak dan degenerasi makula. Karena kaya akan serat dan nutrisi lainnya yang mempromosikan penurunan berat badan, maka kesemek bisa menjadi alternatif untuk membantu program diet.

Membantu manajemen berat badan

Buah kesemek merupakan tambahan yang bagus bagi mereka yang mencoba menuju berat badan yang sehat. Makanan yang kaya serat bermanfaat karena mengurangi keinginan makan  gula atau makanan olahan . Jadi buah kesemek bisa menjadi makanan terbaik untuk program penurunan berat badan Anda.

Melindungi  Mata dari kerusakan

Kesemek mengandung Lutein Zeaxanthin yang merupakan Isomer dan yang paling umum sebagai Karotenoid alami. Banyak penelitian telah menemukan bahwa isomer ini sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan penglihatan dengan cara bekerja di retina dan menangkal penyakit degeneratif seperti degenerasi makula dan mencegah katarak .

Kerusakan retina menyebabkan hilangnya penglihatan yang disebabkan karena radikal bebas hasil dari reaksi oksigen dengan jenis molekul tertentu.

Buah kesemek mengandung nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K yang juga dikenal karena sifat anti-oksidan mereka, yaitu nutrisi ini sangat penting untuk melindungi dari kerusakan retina.

Lutein Zeaxanthin secara bersama ikut mengurangi resiko kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan infeksi mata lainnya.

Meningkatkan fungsu sistem pencernaan

Buah kesemek memiliki jumlah serat tinggi yang penting untuk meningkatkan proses pencernaan. Ada dua jenis serat dalam diet sumber- larut dan tidak larut :

Serat jenis larut akan dicerna dan memberikan nutrisi penting untuk tubuh, sedangkan serat larut secara langsung melewati usus. Hal ini membuat feses lebih lembek sehingga mudah melewati saluran pencernaan dengan mudah. ​​Seratb bermanfaat  mengikat dan mendorong kotoran keluar dari usus Anda. Dengan demikian makan buah kesemek bisa mencegah sembelit.

Baca juga:  Manfaat Kopi Hijau[Green Coffee] bagi Kesehatan

Pengosongan usus secara bersih dan teratur memiliki banyak manfaat, termasuk mencegah infeksi dan membantu mengobati kondisi seperti kanker usus besar dan wasir.

Mencegah kanker

Kesemek mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas termasuk memiliki efek yang kemungkinan besar dapat menyebabkan kanker. Antioksidan dan fitinutrien menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Terpapar molekul radikal bebas  menyebabkan kerusakan pada tingkat sel, dan sel-sel yang rusak kemudian terus berkembang bahkan ketika tidak diperlukan. Nah selanjutnta mereka akan menyerang sel-sel sehat  dan memicu pertumbuhan Kanker.

Pembentukan radikal bebas adalah hal yang sangat alami, dan biasanya akan dibersihkan  oleh anti-oksidan dalam tubuh. Jadi kekurangan anti-oksidan ini dapat menyebabkan reaksi berantai tak terkendali yang membahayakan.

Kesemek memiliki komposisi anti-oksidan lengkap yaitu Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan Lutein Zeaxanthin yang melindungi dari kerusakan radikal bebas.

taj hanya itu buah manis ini  juga mengandung asam betulinic yang bersifat anti-tumor dan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Mencegah Penuaan dini

Radikal bebas tidak hanya bisa menyebabkan kanker tetapi juga menyebabkan penuaan dini. Radikal bebas merusak sel kulit dan merangsang penuaan yang lebih cepat . Tapi antioksidan dan fitonutrien akan membalikkan efek penuaan dan justru melindungi dari penuaan dini dengan cara membersihkan radikal bebas.

Vitamin C adalah anti-oksidan yang sangat efektif ketika berbicara perawatan kulit. Vitamin ini adalah jenis yang larut air yang berart tidak disimpan dalam tubuh dan perlu diisi ulang secara teratur dari sumber makanan. Vitamin A dan Vitamin K menjaga kesehatan kulit  dan mengurangi kerutan terkait usia.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Untuk bisa tetap dilindungi dari penyakit  adalah penting untuk makan makanan yang bergizi tinggi. Vitamin C telah ditemukan bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuat terhadap flu dan infeksi .

Buah kesemek kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan resistensi tubuh dari penyakit. Terlepas dari itu semua, Vitamin C juga membantu produksi kolagen dan membantu menyerap zat besi dalam tubuh. Hal ini juga membantu dalam menjaga pembuluh darah, otot, dan tulang.

Menjaga kesehatan jantung

Kalium adalah jejak mineral yang banyak ditemukan dalam buah kesemek. Mineral ini membantu mengatur tekanan darah yang optimal dengan cara berperan dalam pelebaran pembuluh darah dan relaksasi otot-otot dalam tubuh.

Bahkan banyak obat-obatan medis menggunakan kalium sebagai penghilang  rasa sakit yang disebabkan sakit otot. Tekanan darah yang sehat dan stabil tidak menempatkan tekanan yang berlebihan pada jantung dan fungsinya. Sehingga kesemek membantu menjaga kesehatan jantung dan fungsinya. Kesemek hampir buah bebas lemak namun memiliki kandungan air yang tinggi yang flushes menempatkan kolesterol dan tidak menambah nya membangun.

Efek Samping Buah Kesemek

Yang perlu diwaspadai dari buah kesemek adalah jumlah kandungan tanin yang tinggi. Tannin dalam jumlah tinggi bisa berefek anti-nutrisi dan racun pada tubuh. Hindari makan Kesemek yang mentah, ini terutama karena masih mengandung tannin tinggi yang terasa sangat kering pada mulut setelah memakannya.

Makan buah kesemek pada saat perut kosong secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Jadi  makanlah buah kesemek dalam jumlah  terbatas. Pasien diabetes juga harus membatasinya karena mengandung gula yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar glukosa darah.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *