Jenis Teh Terbaik yang paling tinggi manfaatnya bagi Kesehatan

Jenis teh terbaikTeh adalah minuman tradisi kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai penyakit. Dalam beberapa dekade terakhir, ilmu pengetahuan dibidang kesehatan telah mengeluarkan beberapa klaim tentang manfaat kesehatan minuman ini. Terdapat beberapa macam jenis teh dengan keunggulan yang berbeda-beda, dan beberapa studi telah mengeksplorasi manfaat kesehatan dari masing-masing jenis teh yang ada. Sekarang saatnya bagi Anda untuk memilih jenis teh terbaik yang Anda sesuaikan dengan kebutuhan kebugaran Anda.

Advertisement

Inilah Jenis-jenis Teh Terbaik yang tinggi manfaatnya bagi  Kesehatan :

Teh Hijau

Teh hijau mungkin adalah jenis teh yang paling banyak dipelajari karena diketahui mengandung tinggi senyawa kimia tanaman yang dikenal dengan EGCG. EGCG adalah antioksidan kuat yang bekerja menghilangkan radikal bebas penyebab bermacam penyakit kronis, dan telah terbukti manfaatnya untuk mengaktifkan sistem detoksifikasi alami tubuh. Dalam satu percobaan, para peneliti Mayo Clinic menguji  efek teh hijau pada pasien dengan leukemia limfositik kronis; dan mereka menemukan bahwa sebagian besar ukuran kelenjar getah bening penderita menurun hingga 50 persen lebih.

Peneliti Jepang juga menemukan bahwa orang yang diberi ekstrak teh hijau, tingkat kolesterol dan lemak tubuh mereka berkurang. Anda mungkin akan perlu meminum 5 atau 6 cangkir sehari untuk mendapatkan manfaatnya. Penurunan lemak ini diduga disebabkan oleh zat katekin, khususnya epigallocatechin gallate yang dapat meningkatkan metabolisme.

Teh hijau juga bermanfaat bagi kecantikan : 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan kulit, Wajah, dan Rambut

Teh Hitam

Sebuah proses oksidasi membuat daun teh yang hijau berubah menjadi kehitaman. Teh hitam dikenal meningkatkan kewaspadaan seperti kopi karena kandungan kafeinnya yang paling tinggi dari segala jenis teh.

Teh hitam mengandung antioksidan kuat, yaitu polifenol yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA bersama dengan kandungan lain yaitu zat katekin sehingga dapat mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang secara teratur minum teh hitam memiliki risiko yang jauh lebih rendah dari kanker ovarium.

Tak hanya itu, minum teh hitam secara teratur juga dapat menurunkan risiko diabetes, kolesterol Tinggi, batu ginjal, osteoporosis, dan kanker paru.

Teh hitam juga mungkin menjadi minuman terbaik jika Anda sedang stres. Sebuah studi di University College London menemukan bahwa teh hitam dapat memotong tingkat hormon stres yang disebut kortisol.

Teh Oolong

Jenis teh ini tumbuh di Cina, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh Oolong membantu mencegah gigi berlubang. Menurut peneliti dari University of Naples, teh oolong memiliki kandungan katekin tinggi, yang bersifat antimikroba sehingga mampu mencegah kerusakan gigi berlubang.

Baca juga:  Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Kandungan kafein dan antioksidan dari teh Oolong adalah tertinggi kedua setelah teh hijau, yang dapat mengurangi lemak dan menurunkan kolesterol dan mungkin membantu menurunkan berat badan dengan jalan meningkatkan metabolisme .

Teh Putih

Teh putih hanya dibuat dari pucuk daun yang lembut dari tanaman teh, yang diketahui memiliki tingkat antioksidan tertinggi untuk melindungi sel dari dampak berbahaya radikal bebas. Para peneliti dari Kingston University di Surrey menemukan bahwa  teh putih juga memiliki zat yang bermanfaat melindungi elastin dan kolagen, sejenis protein dalam kulit kita yang berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Selain mencegah penyakit berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, minum teh putih juga bagus untuk meningkatkan kecantikan kulit.

Teh Herbal

Jenis teh herbal terpopuler adalah Chamomile, mint, kembang sepatu, dan rooibos. Teh herbal secara teknis bukan dari tanaman teh karena itu terbuat dari tumbuh-tumbuhan, bunga, buah, dan biji, dan bukan dari tanaman Camellia sinensis yang menghasilkan semua jenis teh seperti teh hijau, teh putih, te hitam, atau teh oolong. Meski demikian, teh herbal telah dikenal memiliki reputasi yang sama. Berikut dua jenis umum teh herbal yang paling dikenal akan khasiatnya :

Teh Chamomile: Menurut peneliti Jepang, mengonsumsi teh chamomile dengan makanan bisa membantu mencegah keparahan hiperglikemia(gula darah tinggi) dan komplikasi diabetes. Sepertinya zat tertentu dari chamomile berkemampuan untuk memblokir enzim yang terkait dengan pengembangan diabetes dan kerusakan saraf.

Teh Rooibos: Teh rooibos adalah teh herbal dari Afrika Selatan yang rasanya mirip dengan rasa dari teh hitam, yang sering digunakan sebagai obat untuk sakit kepala, insomnia, asma, eksim, kelemahan tulang, hipertensi, alergi, dan penuaan dini. The US Department of Agriculture di Washington DC,  telah menegaskan bahwa teh rooibos merah mampu mengurangi ririko kanker, penyakit jantung, penuaan dini dan penyakit serius lainnya. Manfaat lainnya seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Zat  tannin yang terkandung dalam teh hitam standar dapat mengurangi penyerapan zat besi dari makanan, sehingga penderita anemia disarankan untuk tidak meminumnya bersama dengan makanan. Tapi jenis teh rooibos Afrika Selatan dapat diminum dengan aman karena tidak merusak penyerapan zat besi sebanyak teh biasa.

Demikian jenis-jenis teh yang paling populer dan telah dikenal secara luas diseluruh dunia akan manfaatnya yang tinggi bagi kesehatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *