Jenis-jenis Buah Durian terbaik di Indonesia

Jenis durian terbaikSebagai penikmat atau penggemar buah durian, Anda tidak akan pernah melewatkan untuk makan buah durian, berbagai jenis buah durian dicoba untuk membandingkan mana diantara berbagai buah durian itu yang memiliki rasa, aroma dan teksur yang paling baik. Setiap orang memiliki jenis buah durian yang paling disukainya yang mana akan selalu dibeli saat musim durian datang. Menikmati buah durian dari salah satu jenis-jenis buah durian terbaik tentunya menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan apalagi jika rasa, aroma dan tekstur buah duriannya sesuai dengan ekspektasi Anda. Baca juga : Manfaat Penti ng Buah durian

Advertisement

Berikut ini beberapa jenis buah durian khas Indonesia yang cukup populer :

Buah durian montong

Durian montong menurut literatur aslinya dikatakan berasal dari Thailand. Pohon Durian ini memiliki banyak kelebihan, termasuk berumur panjang dan bercabang banyak, arah mendatar, selain memiliki ukuran buah yang termasuk besar – yaitu dengan panjang antara sekitar 15 – 30cm dan bobot bisa mencapai 4kg.  Ciri daun dari pohon durian montong adalah bertangkai pendek, tersusun berseling, permukaan atas berwarna hijau tua dan bawah cokelat kekuningan, permukaan atas mengkilat, permukaan bawah buram, bunga muncul pada batang atau cabang yang sudah membesar, memiliki tangkai, dan berwarna putih hingga cokelat keemasan. Pohon akan mulai berbuah setelah berumur 5 – 12 tahun.

Kelebihan buah durian montong adalah walaupun buah masih belum terlalu matang, namun rasanya tetap manis. Keistimewaan lain adalah menguntungkan petani, karena selain harganya mahal (rp50000/kg), durian montong sanggup berbunga dan berbuah sepanjang tahun – bahkan bisa panen hingga tiga kali dalam setahun.

Buah durian merah

Salah satu jenis buah durian paling enak yang cukup populer di Indonesia adalah buah durian merah, yaitu jenis durian terbaik yang dibudidayakan di Banyuwangi ini banyak menarik perhatian para pencinta dan penikmat buah durian. Awal mulanya, pohon durian merah hanya ada tiga namun kini pohon durian merah terus ditambah hingga sudah ada kurang lebih 200 pohon dengan 63 varian durian yang berbeda. Durian merah tidak hanya menarik wisatawan lokal untuk datang langsung mencicipi di Banyuwangi, wisatawan mancanegara juga banyak berdatangan untuk mencoba atau meneliti dan mengembangkan buah durian merah tersebut. Harga buah durian yang dijual ke Singapura bisa mencapai Rp. 400.000 per buahnya dengan berat buah 2 kilogram. Baca juga : Durian merah untuk ibu hamil

Baca juga:  Manfaat, kandungan nutrisi, tekstur buah durian Belanda

Buah durian Lai

Buah durian Lai termasuk pada klasifikasi buah durian yang populer di Indonesia. Durian ini masih satu genus dengan kelompok buah durian biasa. Buah durian ini dibudidayakan di Kutai, Kalimantan Timur. Nama lain dari buah durian Lai adalah buah durian kuning atau buah durian ruas, sekawi dan masih banyak lagi. Kelebihan dari buah durian Lai adalah bisa ditanam di wilayah mana pun termasuk di wilayah lain selain di Kalimantan. Akan tetapi, buah durian ini tidak banyak beredar di Indonesia, lebih banyak dijumpai di Kalimantan namun anehnya, tidak banyak penikmat buah durian di sana.

Buah durian Medan

Salah satu buah durian yang paling banyak diincar oleh para pencinta buah durian adalah buah durian Medan, buah durian ini memiliki aroma yang sangat kuat, ukuran buah durian medan memang tidak sebesar buah durian terbesar namun rasa buah durian Medan ini patut diancungi jempol. Rasa buah durian Medan sangat lezat, rasanya manis, dengan aroma buah yang sangat menggoda. Buah durian Medan akan matang di atas pohonnya, bukannya hasil eraman dengan memakai karbit. Kelebihan dari buah durian Medan adalah akan selalu ada disaat dicari dan dibutuhkan. Harga buah durian Medan sangat beragam, harganya mulai dari Rp. 5000-50.000 per buahnya.

Buah durian Petruk

Dari daerah Medan, beralih sebentar ke Jepara di Jawa Tengah yang memiliki buah durian petruk sebagai buah durian jawara. Durian petruk termasuk pada salah satu varietas buah durian unggulan di Indonesia, memiliki bentuk buah yang bulat telur terbalik, ujungnya agak runcing dengan kulit buah yang tipis dan berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya berwarna kuning dengan serat yang halus agak lembek, rasa buah durian petruk cenderung manis dengan aroma yang tidak begitu menyengat.
Mengkonsumsi bauh durian sebagai camilan sehat merupakan aktivitas yang tidak biasa, karena buah durian hanya panen dalam beberapa periode saja, tidak bisa dijumpai sepanjang tahu, hanya beberapa jenis-jenis buah durian terbaik saja yang bisa kita konsumsi sepanjang tahunnya.

Nah demikian beberapa jenis buah durian unggulan dari Indonesia yang wajib dinikmati oleh Anda semua para penggemar si Raja Buah ini.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *