Harga Bibit dan Jenis Pupuk Tanaman Buah Durian Montong

harga pupuk dan bibit durianUntuk menaman sesuatu Anda tentu membutuhkan pengetahuan, keterampilan, kedisiplinan dan pengalaman, dan khusus bagi pemula setidaknya Anda memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, sehingga semua ilmu yang diberikan bisa dipelajari, diserap dan dipraktekkan dalam lapangan dengan baik dan benar. Menaman durian itu tidaklah mudah, jika pohon durian montong tidak dirawat dengan baik tidak diberikan pupuk yang tepat, maka pohon akan layu sebelum berkembang, mati dan harapan untuk berbuah pun hilang. Agar buah durian bisa tumbuh dengan baik, pilihlah bibit berkualitas tinggi dan gunakan jenis pupuk tanaman buah durian montong. Jangan tergiur dengan harga bibit yang murah karena untuk buah durian sekelas durian montong, harga bibit dan jenis pupuk tanaman buah durian montong tidaklah murah. Baca juga : Cara budidaya durian montong

Advertisement

Berikut Tentang harga bibit dan cara pemupukan bibit pohon durian

Berapakah kisaran harga bibit durian montong?

Bicara soal harga, bibit durian montong memiliki kisaran harga yang bervariasi dari mulai yang paling murah hingga yang cukup mahal, namun untuk hasil panen yang memuaskan dengan buah durian yang bagus, hendaknya Anda membeli bibit buah durian montong dengan harga yang sesuai, karena durian montong termasuk jenis buah durian unggulan, maka jangan asal membeli bibit durian montong yang dihargai sangat murah, karana pasalnya penanaman bibit yang harganya murah seringkali mengalami kendala yang akhirnya tidak memuaskan Anda sebagai pembudidaya.

Jenis pupuk tanaman buah durian montong

Saat menanam bibit buah durian montong, Anda harus siap sedia untuk berperang, berperang dengan hama atau bibit penyakit dan yang paling penting, jangan lupa untuk memberikan pupuk tanaman buah durian montong pada bibit buah durian sehingga bibit tumbuh dengan subur dan hasil panennya pun memuaskan.

Ada pun pemupukan yang dilakukan terhadapat tanaman atau pohon durian yang belum berbuah adalah :

Pemupukan NPK

Lakukan pemupukan NPK dengan perbandingan 15:15:15 yang mana dilakukan setiap 2 kali sepanjang tahunnya dengan dosis sebagai berikut:

  1. Tanaman yang akan diberi pupuk baru berumur 1 tahun dengan dosis pupuk NPK 40-80 gram tiap pohonnya/per tahun.
  2. Untuk tanaman yang berusia 2 tahun, Anda bisa menambahkan dosis pupuk NPK mencapai 150-300 gram tiap satu pohonnya/per tahun.
  3. Sedangkan untuk tanaman berusia 3-4 tahun, berikanlah pupuk NPK 400-600 gram tiap satu pohon untuk satu tahun.
Baca juga:  Cara Budidaya Durian Montong

Pupuk Organik/kompos/kandang

Untuk kategori pupuk organik atau pupuk kompos, pupuk kandang, Anda bisa memberikannya setahun sekali tepatnya di akhir musim hijan dengan kisaran minimal 15-20 kg tiap pohonnya.

Takaran pupuk saat pohon berbuah

Saat pohon durian sudah menunjukkan buahnya, bukan berarti pohon tidak membutuhkan pupuk lagi, justru pohon harus diberikan pupuk yang baik dengan dosis yang tepat seperti di bawah ini :

  1. Setelah pemangkasan selesai dilakukan, berikanlah pupuk organik sebanyak 40-60 kg, pupuk urea 670 gram, SP-36 sebanyak 890 gram serta KCI sebanyak 530 gram.
  2. Disaat pucuk mulai menua, Anda bisa memberikan pupuk urea sebanyak 335 gram, SP-36 sebanyak 445 gram, KCI sebanyak 265 gram.
  3. Setelah 2 bulan pemupukan kedua, berikan 180 gram pupuk urea, 650 gram pupuk SP-36 dan 150 gram KCI.
  4. Saat sudah muncul bunga, berikan 45 gram urea, 225 gram SP-36 dan 100 gram KCI.
  5. Selanjutkan disaat satu bulan sebelum panen, berikan 180 gram pupuk urea, 650 gram SP-36 dan 150 gram KCI.

Kisaran harga bibit dan jenis pupuk tanaman buah durian montong ternyata cukup bervariasi, lakukan yang terbaik agar bibitĀ  yang Anda tanam akhirnya dapat menghasilkan buah yang berkualitas tinggi dan berharga terbaik. Referensi : Dephut – pedoman budidaya durian

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *