Gejala penyakit TBC paru pengobatan dan pencegahannya

Gejala TBC paruTBC paru adalah penyakit yang sangat menular, terurtama rentan bagiĀ  anak-anak dan orang yang sudah tua serta orang dengan kekebalan tubuh lemah. Penyakit Tuberculosis Paru (TBC Paru) adalah disebabkan oleh bakteri yang menyerang paru-paru. Penyakit ini berpotensi mematikan, namun bisa disembuhkan jika segera mendapatkan perawatan medis segera dan selalu mengikuti petunjuk dokter. Bakteri atau kuman yang menyebabkan TB paru ini disebut Mycobacterium tuberculosis, walapun dapat menyebabkan TB jenis lain, tetapi TBC paru adalah yang paling umum. Anda bisa sakit TBC jika Anda menghirup cairan yang dihembuskan oleh orang yang memiliki penyakit ini. Meskipun TBC paru dapat dicegah dan diobati, namun menurut Organisasi Kesehatan Dunia(WHO), hingga 66 persen orang yang sakit TB meninggal jika ketika tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat. Jika Anda yakin Anda memiliki TB paru, sebaiknya sesegera mungkin ke dokter. Mintalah tes TB. Baca juga gejala penyakit yang paling menular lain : Gejala-gejala Hepatitis A,B,C, D, E dan kronis akut

Advertisement

Gejala penyakit TBC paru, diagnosa, pngobatan, penularan, dan pencegahannya

TB laten dan penyakit TBC

Sebagian besar orang tidak menunjukkan gejala penyakit dengan segera karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih dapat melawan kuman TB. Pada golongan orang ini, penyakit ini disebut “TB laten”. Orang dengan TB laten tidak memiliki gejala apapun dan tidak menularkan tapi masih harus dites dan diobati. Orang dengan TB laten suatu saat bisa mengembangkan gejala dan menularkannya setiap saat – kemudian dikatakan memiliki “penyakit TBC”.

Orang-orang yang rentan mengembangkan penyakit TB Paru

  • orang tua
  • anak kecil
  • per*kok
  • orang yang mempunyai masalah dengan sistem kekebalan tubuh, misalnya seperti HIV
  • orang yang tidak teratur ke dokter
  • orang-orang yang hidup dilingkungan yang ramai

Cara penularan TBC Paru

Anda bisa terinfeksi TBC ketika menghirup tetesan cairan kecil dari udara yang dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki penyakit TBC ketika mereka batuk, bersin, tertawa, atau bernyanyi. Kuman TBC bisa mengapung di udara selama beberapa jam sehingga memungkinkan terhirup walaupun ketika orang yang sakit tidak berada di ruangan yang sama. Anda tidak bisa tertular TB dengan berjabat tangan, berbagi makanan dan minuman, atau berci*man.

Tanda dan gejala TBC Paru

Orang dengan TB laten tidak memiliki gejala, tetapi tetap harus diobati. Gejala TB paru meliputi :

  • batuk yang terus-menerus selama beberapa hari
  • batuk berdarah
  • demam, termasuk demam ringan dan demam konsisten
  • berkeringat berlebihan
  • sakit didada
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • sering kelelahan
Baca juga:  Perbedaan Kelenjar Tiroid Terlalu Aktif dan Kurang aktif

Tanda-tanda dan gejala diatas bisa sama dengan penyakit lain, jadi Anda harus ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Cara Medis mendiagnosa TBC

Anda harus segera pergi ke dokter jika Anda memiliki gejala penyakit TB. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa untuk mengetahui apakah kelenjar getah bening Anda membengkak, menanyakan riwayat kesehatan Anda, dan mungkin melakukan ronsen dada. Jika dokter Anda sudah yakin Anda memiliki TB, atau jika Anda telah bersama orang yang memiliki penyakit TBC, langkah berikutnya adalah tes medis.

Ada dua tes untuk TB yaitu tes kulit dan tes darah. Tes kulit adalah yang paling umum dan lebih murah, tetapi perlu 2 kunjungan ke dokter Anda. Untuk Tes darah, dokter atau perawat akan mengambil sampel darah Anda dan kemudian akan diuji TB di laboratorium.

Pengobatan TBC paru

Orang dengan TB laten tidak memiliki gejala dan tidak menularkanTB ke orang lain. Namun, sangat penting untuk segera diobati karena Anda bisa mengembangkan penyakit TBC paru di masa depan.

Jika Anda memiliki TB laten, mungkin Anda hanya perlu untuk mengambil hanya satu obat TB saja. Namun jika Anda memiliki penyakit TB, dokter akan meresepkan beberapa obat yang perlu Anda konsumsi selama enam bulan atau bahkan lebih.

Komplikasi TB paru

Penyakit TB yang tidak diobati seringkali berakibat fatal, bahkan dapat menyebabkan kerusakan paru-paru jangka panjang; bisa membuat menyebabkan kesulitan bernapas bahkan kegagalan paru-paru.

TB paru yang tidak diobati bisa menyebar ke organ tubuh lain termasuk otak, hati, atau jantung, dapat merusak nya dan mungkin juga bisa fatal.

Cara Mencegah TBC paru

Anda bisa menghindari TB dengan cara menjauhi orang yang memiliki penyakit ini.Namun terkadang hal ini tidak mungkin karena Anda bisa saja bekerja di lingkungan bersama banyak orang seperti di rumah sakit, kantor, fasilitas perawatan, dll di mana kemungkinan besar ada orang yang berpenyakit TBC. Anda mungkin juga bersama teman atau merawat anggota keluarga yang memiliki penyakit ini. Untuk menghindari TB dalam situasi-situasi ini :

  • Hindari berada di kamar tertutup dengan seseorang yang memiliki TB dalam jangka lama.
  • Sirkulasikan udara kamar secara teratur.
  • Menggunakan masker.
  • Siapapun yang berhubungan dengan orang yang memiliki penyakit TB harus mendapatkan uji TB.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *