Inilah Gejala penyakit Maag Kronis dan Cara Pengobatannya

Gejala maag kronisPenyakit maag mengacu pada luka yang menimbulkan rasa sakit, yang dterjadi pada lapisan lambung maupun usus kecil. Maag bisa terjadi ketika lapisan lendir tebal yang berfungsi untuk melindungi lapisan lambung dari cairan asam pencernaan berkurang, sehingga asam pencernaan ini memiliki kemungkinan mengikis jaringan lapisan lambung sehingga timbul luka dan menyebabkan gejala sakit maag. Penyakit maag ini sebenarnya mudah disembuhkan, tetapi bisa menjadi sangat parah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat.

Advertisement

Gejala Maag kronis, diagnosa, pencegahan, dan pengobatan

Penyakit tuka lambung atau sering disebut dengan maag tidak selalu disebabkan oleh satu faktor tunggal, karena berkurangnya lapisan lendir pelindung lapisan lambung yang menyebabkan tukak sering disebabkan oleh hal seperti :

  • infeksi oleh bakteri jenis Helicobacter pylori (H. pylori)
  • penggunaan obat anti inflamasi non-steroid/NSAID dalam jangka panjang, contohnya seperti aspirin dan ibuprofen.
  • kelebihan asam lambung (hyperacidity), yang bia terkait dengan genetika, gaya hidup seperti stres, merokok, dan konsumsi makanan tertentu
  • Sindrom yang disebut Zollinger Ellison, yang membuat produksi asam lambung menjadi berlebih, namun sangat langka

Faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko mengembangkan sakit maag :

  • mer*kok
  • sering menggunakan obat jenis steroid, misalnya obat untuk mengobati asma
  • hiperkalsemia/kelebihan kalsium
  • keturunan
  • berusia 50 tahun keatas
  • mengonsumsi alkoh*l secara berlebihan

Gejala penyakit maag biasa dan kronis

Ada banyak gejala yang terkait dengan penyakit maag, dan tingkat keparahan gejala tergantung pada tingkat keparahan dari tukak lambung.

Gejala yang paling biasa adalah rasa panas atau rasa nyeri di daerah tubuh antara dada dan pusar. Biasanya rasa nyeri atau sakit ini akan semakin kuat ketika perut dalam keadaan kosong dan bisa berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam. Rasa ketidaknyamanan pada maag kronis bisa datang dan pergi, sembuh dalam beberapa hari atau minggu namun kemudian datang lagi. Gejala umum lainnya termasuk :

  • penurunan berat badan
  • Mulas
  • hilang selera makan karena sakit perut
  • mual atau muntah
  • perut kembung
  • bersendawa atau asam lambung naik
  • rasa panas di dada
  • rasa nyeri semakin meningkat ketika makan, minum

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami gejala ulkus lambung. Meskipun rasa ketidaknyamanan akibat gejala mungkin ringan, namun tukak lambung bisa semakin parah jika tidak diobatide dengan tepat

Cara mendiagnosa adanya tukak lambung

Diagnosis dan pengobatan tergantung pada gejala dan keparahan. Untuk mendiagnosa tukak lambung, dokter mungkin akan melihat riwayat kesehatan penderita, gejala, dan resep obat yang sudah anda ambil.

Untuk mengetahui adanya infeksi H. pylori, test darah, test feses, atau tes napas bisa dilakukan dokter. Tes untuk mendeteksi tuka lambung lainnya adalah :

  • Menggunakan Sinar X:  barium barium dalah cairan putih kental yang diminum, yang tujuannya untuk membantu sinar x membaca dalam lambung dan usus kecil.
  • Endoskopi:  tabung kecil yang dimasukkan dari mulut  ke dalam perut untuk mencari adanya maag
  • Endoskopi biopsi: untuk mengambil sampel jaringan perut untuk dianalisa
Baca juga:  Penyebab Gusi berdarah secara tiba-tiba atau saat sikat gigi

Pengobatan maag kronis atau tukak lambung

Pengobatan akan berbeda-beda tergantung dari penyebab sakit maag. Kebanyakan kasus bisa diobati hanya dengan obat resep dokter, tetapi dalam kasus yang jarang, operasi mungkin dibutuhkan.

Catatan : Sangat penting untuk segera mengobati penyakit maag. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rencana pengobatan yang tepat. Jika Anda memiliki maag kronis perdarahan, Anda mungkin akan dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatanyang intensif.

Pengobatan tanpa operasi

Jika tukak lambung disebabkan bakteri H. pylori, Anda mungkin akan membutuhkan antibiotik. Untuk kasus maag ringan sampai sedang, dokter biasanya juga akan meresepkan beberapa jenis obat lain.

Gejala maag bisa mereda dengan cepat dengan pengobatan. Walaupun gejala sudah hilang, Anda masih harus terus menghabiskan obat yang sudah diresepkan oleh dokter Anda. Hal ini terutama jika ada infeksi H. pylori, yaitu untuk memastikan semua bakteri mati. Dokter mungkin juga akan menyarankan menghindari r*kok, alk*hol,  obat-obatan atau makanan yang bisa memicu gejala maag – biasanya makanan atau minuman yang bersifat pedas, asam, dan merangsang atau keras seperti soda dan bumbu seperti lada.

Pengobatan dengan operasi

Dalam kasus tukak lambung atau maag kronis yang jarang mungkin memerlukan tindakan operasi. Yang tandanya termasuk kambuhan, tak sembuh-sembuh, perdarahan, terdapat luka robek pada lambung atau usus kecil, dan makanan sulit masuk ke usus kecil. Tujuan operasi termasuk mengangkat seluruh tukak, mengambil jaringan usus ditempat lain untuk menambal tukak, serta memotong saraf ke lambung untuk mengurangi produksi asam lambung

Komplikasi yang mungkin terkait maag kronis

Segera mencario pengobatan dokter ketika Anda meyakini memiliki tukak lambung. Semakin lama tidak diobati, maka akak semakin besar kemungkinannya untuk memicu komplikasi. Anda harus segera mencari bantuan medis jika  mengalami salah satu dari gejala berikut :

  • tiba-tiba merasakan rasa sangat nyeri yang tidak mereda
  • tinja berwarna hitam atau terdapat darah
  • terdapat darah dimuntahan
  • muntahan terlihat seperti bubuk kopi

Diatas bisa menjadi pertanda jika maag telah banyak mengikis lapisan perut, atau kerusakan pembuluh darah. Komplikasi yang lain mungkin pengembangan jaringan parut , yang dapat menutup makanan menuju usus kecil. Semuanya membutuhkan terapi yang intensif, yang biasanya dilakukan rumah sakit.

Pencegahan maag/tukak lambung

  1. Untuk mencegah penyebaran bakteri dan mengurangi risiko infeksi, rajin cuci tangan dengan sabun dan air secara teratur bisa mngurangi resiko. Pastikan semua makanan Anda benar-benar bersih dan dimasak dengan baik. Kebersihan yang buruk juga meningkatkan resiko penyakit hepatitis
  2. Untuk mencegah tukak yang disebabkan oleh NSAID, kalu mungki hentikan menggunakan obat-obat ini  atau membatasinya. Jika memang sangat membutuhkan NSAID, pastikan untuk mengikuti dosis yang telah dianjurkan dan menghindari alk*hol bersama obat ini.
  3. Perubahan gaya hidup tertentu juga bisa membantu mencegah pembentukan tukak. Membatasi konsumsi alk*hol, menghindari r*kok, dan mengelola stres dengan baik – karena stres tinggi bisa menyumbang kerusakan lapisan usus.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *