Gejala Asam Urat Tinggi penyebab Gout Athritis

Gejala asam urat tinggiAsam urat yang tinggi dalam darah lambat laun bisa menyebabkan Gout athritis, yaitu sakit pada persendian akibat penumpukan kristal yang mengikis sendi. Kristal kristal ini terbentuk karena kelebihan asam urat dalam darah tidak seluruhnya bisa dikeluarkan tubuh melalui urin, dan pada akhirnya menumpuk pada persendian dan menyebabkan rasa sakit, pembengkakan dan gejala lain. Gout athritis jarang ditemukan pada orang yang lebih muda, dan lebih sering ditemukan pria daripada wanita yang berusia 40-50 tahun.

Advertisement

Kenapa seseorang bisa memiliki asam urat tinggi? Asam urat adalah zat yang larut dalam darah dan melewati ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Jika ginjal tidak dapat membersihkan asam urat dengan baik, atau terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi purin berlebihan, maka kadar asam urat akan meningkat dan mulai mengkristal. Asam urat yang mengkristal ini tak hanya mengendap didalam persendian yang menyebabkan sakit gout, namun juga bisa mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Baca juga : Gejala Kolesterol Tinggi, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Gejala gejala asam urat tinggi, pengobatan, dan faktor resiko

Gejala bisa bervariasi untuk setiap individu, tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mungkin tidak mengalami gejala apapun.

Gejala pada persendian

Ketika asam urat mengristal dan menumpuk dalam sendi dan mengikisnya, sehingga gejala gout akan mulai terjadi. Gejala sendi umum karena gout athritis termasuk rasa yang sangat sakit, peradangan, pembengkakan, warna kemerahan, dan rasa nyeri bila disentuh. Sendi juga mungkin akan terasa panas. Gejala biasanya akan mulai secara tiba-tiba di malam hari.
Serangan gout yang pertama kali biasanya terjadi pada jempol kaki. Persendian lain yang biasanya juga ikutĀ  terkena gout termasuk pergelangan kaki, lutut, tumit, jari, siku dan pergelangan tangan. Sangat umum jika serangan gout pertama hanya di satu sendi, namun serangan berikutnya mungkin akan menyerang bagian sendi yang lain.
Rasa sakit pada sendi yang paling parah biasanya memuncak 12 sampai 24 jam pertama setelah gejala awal, setelah itu ketidaknyamanan pada sendi bisa menetap selama beberapa hari bahkan beringgu-minggu. Tanpa pengobatan yang tepat dan serangan sakit berulang-ulang, maka asam urat selanjutnya dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen.

Gejala pada kulit

Setelah bertahun-tahun mengalami gout, kristal asam urat mungkin mulai membentuk benjolan di bawah kulit. Benjolan ini tak menimbulkan nyeri yang disebut dengan tophi, umumnya terjadi pada jari, jari kaki, tangan dan siku. Selama serangan, tophi mungkin hanya membengkak dan lebih lunak.

Gejala pada ginjal

Jika asam urat mengkristal dan mengendap di saluran kemih, mereka dapat menyebabkan kondisi batu ginjal. Batu ginjal asam urat lebih sering terjadi pada pria daripada kaum wanita. Gejalanya bisa menyebabkan rasa nyeri di punggung, diperut atau selangkangan, demam menggigil, rasa mual, muntah dan kencing berdarah.

Baca juga Obat Tradisional untuk mengatasi Batu Ginjal yang efektif

Faktor resiko Gout athritis akibat kelebihan Asam urat

Berikut beberapa faktor yang meningkatkan resiko kelebihan asam urat dalam darah penyebab gout menurut NIH
Genetika – Diperkirakan sekitar 20 hingga 80 persen orang dengan gout memiliki riwayat dalam keluarga.
Jenis kelamin dan usia – Lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita dan anak-anak.
Berat badan – Kelebihan berat badan meningkatkan berisiko asam urat tinggi.
Konsumsi alk*hol – Minum terlalu banyak alk*hol akan membuat tubuh tidak bisa mengeluarkan asam urat.
Diet – Mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan gout atau memperparah kondisi yang sudah ada . Makanan tinggi purin termasuk ikan teri, asparagus, otak, kacang kering dan kacang polong, daging, ikan herring, jerohan, tengiri, jamur, sarden, kerang, dan roti manis.
Paparan timbal – dari polusi lingkungan termasuk dari makanan, air, dan polusi
Masalah kesehatan lainnya – Penyebab umum gout yang terjadi pada orang tua adalah karena ginjal mereka sudah tidak mampu lagi untuk menghilangkan limbah dari tubuh.

Baca juga:  Penyebab penyakit Trypophobia pada Kulit atau tangan

Masalah lain yang bisa meningkatkan gout athritis meliputi: tekanan darah tinggi, hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), psoriasis, anemia hemolitik, atau beberapa jenis kanker. Kelainan bawaan – Beberapa kelainan bawaan, di mana enzim yang membantu kontrol asam urat tidak ada atau tidak bisa lagi bekerja dengan benar .
Obat-obatan – Berbagai jeni obat-obatan juga dapat meningkatkan risiko gout, termasuk
Diuretik yang biasanya untuk mengurangi tekanan darah tinggi, edema, dan penyakit jantung, namun juga mengurangi jumlah asam urat yang dikeluarkan melalui urin.
Termasuk Salisilat yang mengandung obat, seperti aspirin.

Baca juga : Manfaat berjemur dibawah Sinar Matahari Pagi

Pengobatan Asam urat dan Gout athritis

  • Gout bisa diobati dengan satu atau lebih terapi untuk mengurangi keparahan rasa sakit, mencegah kelanjutan dimasa datang, dan menghindari pembentukan asam urat menjadi kristal di sendi dan ginjal. Pengobatan bisasanya digunakan untuk membantu mencegah kerusakan sendi dan kecacatan untuk jangka panjang.
  • Dokter mungkin akan meresepkan oba oral untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah serangan di masa datang.
  • Dokter mungkin juga akan menyarankan kepada Anda untuk menurunkan berat badan, membatasi konsumsi alk*hol, dan membatasi atau menghindari makanan yang tinggi purin(seperti disebut diatas) yang diketahui meningkatkan kadar asam urat.

Tips tetap sehat dengan Gout athritis

  • Gout bisa dikendalikan., dan obat yang diresepkan bisa mengurangi keparahan dan intensitas serangan.
  • Catat semua obat-obatan dan suplemen yang Anda konsumsi, dan dokter Anda akan memberitahu kan mana obat/suplemen yang dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi.
  • Buat jadwal berkunjung ke ahli kesehatan untuk mengevaluasi kemajuan kondisi asam urat anda.
    Minum banyak cairan, terutama air untuk membantu menghilangkan asam urat.
    Menjaga berat badan yang sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Jika Anda kelebihan berat badan, hindari diet rendah karbohidrat yang dibuat untuk menurunkan berat badan secara cepat. Hal ini karena ketika tubuh Anda tidak cukup mendapatkan karbohidrat, maka tubuh tidak bisa membakar lemak sendiri dengan baik. Kelainan metabolisme ini justru dapat meningkatkan asam urat dalam darah Anda.
  • Hindari makanan yang mengandung purin tinggi(telah disebutkan diatas)

Demikian, dengan mengenal gejalanya maka kita bisa mengendalikan asam urat agar tidak sampai menimbulkan komplikasi yang berat terutama gout athritis dan batu ginjal.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *