Inilah 5 Efek Makan Buah Durian Bagi Ibu Hamil

Bolehkah durian untuk ibu hamil mudaBerbeda dengan buah stroberi atau buah apel, mengkonsumsi buah durian disaat ibu sedang hamil sampai saat ini masih banyak menuai kontroversi. Banyak orang yang setuju jika mengkonsumsi buah durian itu tidak baik untuk janin dan ibu hamil, karena kandungan yang terdapat di dalam buah durian bersifat negatif untuk tubuh ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Namun tidak sedikit yang mengungkapkan tidak setuju, mereka percaya jika mengkonsumsi buah durian bagi ibu hamil itu tidak masalah karena belum ada bukti penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi buah durian itu berbahaya bagi tubuh. Efek makan buah durian bagi ibu hamil memang masih menjadi kontroversi, namun mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang besar dapat membahayakan ibu hamil beserta janinnya. Baca juga : Bahayakah Buah durian dimakan ibu hamil muda?

Advertisement

Inilah beberapa efek yang mungkin akan didapat pada saat Ibu hamil usai mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang berlebihan :

Bisa memicu kontraksi rahim

Meskipun belum ada penelitian yang bisa membuktikan jika buah durian yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, asam folat, zinc, magnesium, serta besi. Kandungan kalori di dalam buah durian termasuk tinggi dan buah durian bersifat panas. Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang banyak saat mengandung karena khawatir ada reaksi kontraksi atau efek negatif lainnya setelah mengkonsumsi buah durian tersebut.

Keguguran

Tidak ada hasil penelitian yang menunjukkan dan membuktikan jika mengkonsumsi buah durian dapat mengakibatkan keguguran, akan tetapi ibu hamil selalu disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang berlebihan khawatir ada reaksi negatif yang muncul setelahnya.

Gangguan pencernaan

Salah satu efek makan buah durian bagi ibu hamil adalah terjadinya gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini sangat mungkin terjadi apabila Anda mengkonsumsi buah durian bersamaan dengan mengkonsumsi minuman atau makanan beralkohol. Anda yang sayang dengan calon bayi Anda, dianjurkan untuk berhenti minum minuman beralkohol selama masa kehamilan karena minuman beralkohol memberikan efek buruk bagi pertumbuhan dan perkembagan janin.

Baca juga:  Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Buah Durian

Menghambat metabolisme alkohol

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di University of Tsukuba di Jepang telah ditarik kesimpulan dan dibuktikan jika kandungan sulfur yang ada di dalam buah durian mampu menghambat metabolisme alkohol yang mana bila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang berdekatan bisa memicu kematian.

Meningkatkan gula darah

Kandungan kalori, glukosa yang terdapat di dalam buah durian cukup tinggi, sifat panas buah durian ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Coba Anda bayangkan, berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda jika di dalam 100 gram buah durian terkandung 147 Kkal, bila dihitung dalam kilogram, 1 kilogram buah durian memiliki 1.470 Kkal atau setara dengan porsi makan kita satu hari.
Beberapa efek makan buah durian bagi ibu hamil yang telah disebutkan dan dijelaskan secara ringkas di atas membuat kita harus lebih cerdas dalam memilih makanan, terutama saat sedang hamil. Ibu hamil tidak bisa asal mengkonsumsi makanan karena makanan yang dikonsumsinya juga dimbil oleh janin untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Baca juga : Bolehkah Buah durian dimakan ibu yang menyusui?

Underline

Makan buah durian sebenarnya tidak dilarang untuk ibu hami, asalkan jumlahnya tidak berlebihan, namun untuk lebih aman, yang terbaik adalah menanyakan atau lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan, karena kondisi setiap orang yang sedang mengandung bisa berbeda-beda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *