Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Tidak Makan Sarapan

dampak buruk tidak sarapanTak sedikit orang yang melewatkan makan sarapan karena berbagai alasan. Sarapan yang sehat tak hanya akan membuat orang lebih berenergi saat beraktifitas, juga akan membuat fikiran lebih tenang. Sarapan hanya akan membuat tubuh gemuk, adalah pendapat yang tak benar – karena justru dengan melewatkan makan pagi ini orang justru lebih berpeluang besar kegemukan. Bahkan, melewatkan sarapan bisa meningkatkan peluang untuk terkena berbagai penyakit berat dari asam lambung hingga penyakit jantung. Sarapan yang benar dengan makanan sehat akan banyak membawa manfaat bagi kesehatan Anda.

Advertisement

Inilah 11 dampak buruk bagi kesehatan jika rutin meninggalkan makan sarapan

1. Keasaman lambung naik :

Beraktifitas tanpa sarapan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, alasannya karena setelah itu Anda bisa tidak makan selama berjam-jam. Makan sedikit sesuatu pada pagi hari sebelum beraktifitas akan akan membantu menjaga tingkat keasaman lambung. Asam lambung tinggi bukanlah kondisi yang bisa dianggap remeh, karena berawal dari sini bisa meningkat menjadi berbagai penyakit yang lebih serius.

2. Metabolisme tubuh menjadi lambat:

Ketika Anda bangun pada pagi hari kadar gula darah Anda rendah, dan makanan akan membantu mengaturnya untuk menjadi normal kembali. Sarapan adalah bahan bakar bagi tubuh Anda untuk menjaga tingkat metabolisme yang optimal.

3. Tingkat energi rendah:

Saat baru bangun tidur, semua orang dalam keadaan lemah karena tingkat energi dan suasana hati yang rendah. Jiika Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan menghilangkan kebutuhan nutrisi penting untuk otak dan tubuh, yang membuat Anda merasa lemah. Tubuh dan otak kita memerlukan glukosa untuk dapat berfungsi dengan baik.

4. Tingkat Fokus yang rendah :

Jika Anda merasa ingin marah-marah dan lemah di pagi hari, Anda mungkin juga akan menglami kesulitan fokus pada saat melakukan pekerjaan Anda. Sarapan yang baik sebelum Anda keluar beraktifitas akan meningkatkan konsentrasi Anda di tempat kerja.

5. Kesehatan keseluruhan :

Orang yang melakukan rutinitas setelah sarapan akan relatif lebih sehat daripada yang tidak. Beberapa orang berfikir bahwa sarapan hanya akan menambah kalori, tapi makan sarapan yang sehat sebenarnya membantu mengatur kadar gula darah dan membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Berat badan naik:

Orang yang melewatkan makan sarapan rentan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena ditempat kerja mereka akan kelaparan, dan akan lebih cenderung memilih cemilan yang tidak sehat yang berkalori tinggi.

Baca juga:  Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Makan sarapan yang sehat akan membantu menjaga berat badan Anda karena akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa mengekang kebutuhan untuk camilan yang tidak sehat.

7. Penurunan Mental:

Pikiran kita diperlukan untuk berfungsi dengan baik dan  waspada  penuh perhatian sepanjang hari selama beraktifitas. Tetapi jika Anda melewatkan sarapan, maka  pikiran Anda akan kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk dapat berfikir dengan baik. Sarapan makanan tertentu yang kaya protein akan membantu fungsi pikiran yang baik. Jadi makan sarapan benar-benar akan meningkatkan kejernihan dan kesadaran berfikir.

8.  Kelaparan disaat kerja :

Hal ini jelas, karena semakin menipisnya energi, maka tubuh secara otomatis akan meminta makan dengan memberikan signal rasa lapar. Jadi Ketika Anda pergi keluar tanpa sarapan, maka berkemungkinan Anda akan berurusan dengan rasa lapar yang bisa menjadi sangat merepotkan saat Anda berada di tempat kerja. Pada akhirnya?, setidaknya produktifitas akan terganggu.

9. Contoh yang buruk bagi anak-anak:

Kita tahu bahwa anak-anak kita belajar dengan meniru orang lain terutama orang tuanya. Anak-anak adalah individu yang sedang dalam masa pertumbuhan den perkembangan, sehingga sarapan amatlah penting bagi mereka. Tak hanya itu, anak-anak juga membutuhkan energi lebih ketika sudah mulai masuk sekolah.

Nah, memiliki kebiasaan sarapan yang sehat akan mencontohkan gaya hidup yang baik kepada anak-anak Anda.

10. Diabetes :

Wanita lebih rentan terhadap diabetes melitus type 2 , dan melewatkan makan sarapan bisa membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit gula yang belum ada obatnya ini..

11. Penyakit Jantung:

Melewatkan sarapan juga bisa meningkatkan kemungkinan penyakit jantung pada wanita, plus hipertensi, resistensi insulin yang meningkatkan kadar gula darah. Tentu saja bisa terjadi karena tubuh kita membutuhkan nutrisi dari makanan untuk dapat bekerja dengan baik. Dengan kurangnya asupan nutrisi termasuk antioksidan, mineral, asam lemak,  dan vitamin, maka kekebalan tubuh bisa menurun, radikal bebas bisa menguasai tubuh, dan pada akhirnya tentu bisa menyebabkan berbagai  penyakit.

Demikian 11 dampak  yang bisa terjadi pada tubuh dan kesehatan jika berkebiasaan tidak sarapan. Masih mau melewatkan sarapan?…

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *