Daerah yang cocok untuk Menanam buah Durian

Daerah tanam yang cocok untuk durianJika ikan hanya bisa hidup di dua jenis air, yaitu air tawar atau air laut, tidak berbeda jauh dengan tumbuhan, seperti pohon bakau yang hanya tumbuh subur di tepi pantai atau daratan yang mengering, pohon durian juga memiliki habitatnya sendiri, pohon durian tidak bisa asal ditanam karena tidak semua daerah memiliki lahan yang cocok dengan pohon durian, menanam buah durian pun harus memerhatikan kondisi suhu, kelembaban tanam dan faktor lainnya. Baca juga : Jenis-jenis buah durian terbaik

Advertisement

Lantas, dimanakah daerah yang cocok untuk menanam buah durian?.

Ciri pohon dan buah durian

Buah durian merupakan tanaman buah berbentuk pohon. Awalnya tanaman buah durian merupakan tanaman liar yang berkembang dari hutan Sumatra, Kalimantan dan Malaysia. Buah durian sangat populer di Asia Tenggara kurang lebih sejak abad VII M. Buah durian memiliki tekstur yang lembut, berasa manis dengan aroma yang cukup tajam, warna daging buah durian putih kekuningan. Buah durian memiliki kandungan seperti, vitamin, lemak, kalori, dan protein. Selain diambil buahnya, pohon durian dapat dimanfaatkan sebagai pencegah erosi terutama di lahan-lahan yang miring dan batangnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan tinggi/bangunan, sedangkan biji buah durian bisa diolah menjadi camilan atau pangangan lezat. Baca juga : Cara budidaya durian

Persyaratan tumbuh pohon durian

Sebelum menanam bibit buah durian, Anda harus memenuhi semua persyaratan tumbuh pohon durian terlebih dahulu. Persayaratan tumbuh durian meliputi:

Iklim

Pohon durian bisa tumbuh dengan sangat baik di daerah tropika basah yang memiliki curah hujan lebih dari 2000 mm/tahun serta tersebar secara menyeluruh sepanjang tahunnya kurang lebih selama bulan basah, 9-10 bulan/tahun serta 1-2 bulan kering, sebelum pohon durian berbunga. Perhatikan juga intensitas cahaya 40-50% dan atur suhunya 22-30 derajat C.

Ketinggian tempat tanam

Menanam bibit buah durian, baiknya dilakukan di tempat yang ketinggiannya antara 100-500 M dpl dan jika ditanam pada daerah lebih tinggi, hasil panen buah duriannya akan menurun.

Kondisi Tanah/lahan tanam

Bibit buah durian bisa tumbuh dengan subur bila ditanam di tanah dengan Ph 5-7 atau maksimal Ph 6-6,5. Pastikan pula kondisi drainase lahannya, dengan kedalam air tanah di antara 50 hingga 150 sentimeter atau 150-200 sentimeter, karena akar pohon durian sangatlah sensitif dan mudah busuk saat terendam air. Menanam pohon buah durian selain harus memperhatikan daerah yang cocok, yang tak kalah penting untuk di perhatikan lagi adalah kondisi tanahnya. Tanah grumosol serta tanah andosol merupakan jenis tanah yang paling sesuai untuk menanam bibit pohon durian, karena merupakan tanah yang kaya organik dan subur.

Baca juga:  Berbahayakah Makan Buah Durian Untuk Ibu Hamil Muda?

Budidaya durian

Saat Anda memutuskan untuk melakukan budidaya durian, pastikan pengolahan lahan dilakukan dengan sangat baik dan profesional.

  1. Pastikan jika lahan selalu dibersihan dari rerumputan, bersihkan dari sisa tebangan, tanaman liar, sampah dan jangan lupa untuk dibajak atau dicangkul
  2. Di sekitar kebun buah durian pasanglah saluran drainase yang berfungsi untuk menghindari adanya genangan karena air bisa membuat bibit buah durian membusuk
  3. Dan lakukan kegiatan pengolahan ini sebelum musim penghujan datang untuk menghindari curah hujan.

Melakukan budidaya buah durian harus dilakukan di daerah yang cocok untuk tumbuh pohon buah ini, sehingga buah yang dihasilkan saat siap panen nanti dapat memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini karena pohon yang tumbuh didaerah yang sesuai akan menghasilkan buah yang bagus, dagingnyapun akan terasa manis dan aromanya lebih wangi. Dengan demikian, Buah durian hasil budidaya yang Anda Hasilkan nanti akan memiliki harga yang memuaskan jika di jual ke pasaran.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *