Cara Tradisional Ampuh untuk Mengobati Flu & Pilek

Obat tradisional pilekFlu dan Pilek adalah penyakit yang umum, gejalanya sangat menjengkelkan, serta sangat menular bagi semua orang di sekitar penderita. Kuman penyebab pilek yang dikeluarkan melalui bersin akan dengan cepat menyebar kepada orang-orang yang tidak terinfeksi. Selaput lendir yang melapisi hidung, tenggorokan dan paru-paru adalah bagian yang sangat terpengaruh oleh virus penyebab flu, yang berkembang biak dengan cepat dan semakin memperburuk kondisi penderita.
Gejala umum pilek adalah hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam,  mata berair dan beberapa mungkin juga menderita batuk . Gejala-gejala yang menjengkelkan ini biasanya berlangsung selama 7 – 10 hari; karena setelah itu kuman pilek akan dihancurkan oleh kekuatan sistem kekebalan alami tubuh. Tetapi penderita mungkin perlu terbebas dari intensitas gejala ini lebih cepat, karena tentu saja gejala pilek akan mengganggu produktifitas seseorang. Oleh karena itu orang yang menderita pilek akan mencari pengobatan yang tepat atau menggunakan pengobatan tradisional alami untuk menyembuhkan pilek. Baca juga : Obat Batuk Tradisional paling Ampuh

Advertisement

Berikut beberapa cara pengobatan tradisional yang efektif untuk pilek, yang dapat meningkatkan kondisi fisik, membantu merasa lebih baik, sehingga cepat sembuh:

Air Garam

Menggunakan garam adalah obat batuk dan pilek yang sangat kuno. Berkumur dengan air asin akan memecah lendir padat di tenggorokan sehingga melonggarkan tenggorokan. Air garam juga dapat digunakan sebagai semprot hidung, caranya dengan menghirup air suam-suam kuku yang dicampur dengan garam, untuk membersihkan penyumbatan dibagian pernapasan. Semprot hidung ini bisa dilakukan 5-8 kali sehari untuk pilek yang parah.

Minum banyak cairan

Orang yang menderita pilek harus minum banyak air putih, jus buah, dan kaldu yang bermanfaat. Kebiasaan minum banyak cairan akan membantu mengeluarkan virus dengan cepat dari tubuh. Lendir yang terinfeksi pada bagian pernapasan akan menipis karena adanya kelebihan cairan. Idealnya, delapan gelas air harus didapat tubuh dalam satu hari. Asupan Cairan harus diminum dalam selang waktu setiap dua jam untuk mendapatkan hasil terbaik. Tetapi khusus untuk minuman berkarbonasi atau beralk*hol bisa mengakibatkan sel-sel dehidrasi, sehingga harus dihindari selama sakit pilek. Teh hijau dan teh Chamomile juga sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pilek, karena mengandung banyak zat yang bersifat antioksidan.

Sup ayam

Sup ayam kaya akan protein, vitamin, dan karbohidrat yang berasal dari daging ayam, kaldu dan atau sayuran yang ditambahkan kedalam sup. Semua nutrisi ini bermanfaat memberikan energi untuk tubuh dan merupakan cairan yang kuat untuk mengusir virus dari lendir pada sistem pernapasan.

Baca juga:  9 Cara Alami Menghilangkan flek Hitam di Wajah

Makan makanan yang hangat dan pedas lada

Makanan dengan banyak lada bisa secara efektif melonggarkan akumulasi dahak dari bagian pernafasan. Dengan demikian, asupan atau menghirup bubuk lada bisa membuat kuman mengalir keluar bersama lendir dari hidung karena bau menyengat tajam dari lada hitam.

Asupan Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang paling penting dan efektif membantu menyembuhkan gejala pilek, yaitu dengan cara menghentikan penggandaan virus dan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Oleh karena itu perbanyak makan buah jeruk, jus lemon, stroberi, buah kiwi, dan tomat plus  sayuran yang bermanfaat seperti bunga kol, brokoli dan peterseli; karena makanan ini mengandung vitamin C juga antioksidan.

Tablet hisap menthol

Sakit tenggorokan saat pilek dapat mereda dengan mengisap obat flu hisap yang mengandung mentol dan kapur barus. Mentol atau peppermin memberikan efek menenangkan pada sakit tenggorokan, sementara seng glukonat yang terkandung dalam tablet hisap membantu menyembuhkan pilek lebih cepat.

Madu

Madu memiliki efek ekspektoran, sehingga bisa digunakan untuk menenangkan iritasi pada tenggorokan. Madu dapat dicampur dengan perbandingan yang sama dengan cuka sari apel, untuk membuat sirup buatan yang efektif untuk membantu mempercepat kesembuhan dari pilek.

Menggunakan rempah-rempah bermanfaat

Beberapa rempah-rempah yang umum digunakan di dapur memiliki nilai obat yang tinggi, dan dapat dimanfaatkan untuk mengurangi keparahan gejala pilek. Rempah-rempah yang paling bermanfaat dalam hal ini adalah kayu manis, bawang putih, dan jahe. Kayu manis efektif menyembuhkan gejala nyeri dan kering di tenggorokan; lebih baik bila digunakan dalam bentuk bubuk, lada hitam bubuk dan madu. Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh dengan meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih. Siung bawang putih dapat direbus dengan air atau ditambahkan ke sup atau hidangan lainnya. Jahe efektif untuk membantu pengobatan pilek dan batuk, bisa dibuat teh jahe segar hangat atau bisa juga direbus dengan air.

Cukup istirahat setiap hari.

Karena menderita pilek, sistem tubuh seseorang bisa menjadi lemah. Jadi penderita perlu untuk memberikan istirahat yang cukup untuk tubuh, meninggalkan sebagian besar tugas-tugas kantor dan rumah tangga. Tidur singkat pada siang hari ditambah dengan tidur malam yang cukup yaitu 7-8 jam  sangat membantu  meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Saat tidur, penderita dapat menggunakan bantal lebih tebal untuk menjaga kepala lebih tinggi, tujuannya supaya rongga sinus terbebas dari penyumbatan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *