Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara mengatasi rambut rontok secara alamiJika Anda mencoba mencari solusi mengatasi rambut rontok melalui internet, maka yang seringkali muncul adalah suplemen dan berbagai jenis krim atau tonik perawatan rambut. Tidak semua cara-cara perawatan ini bisa bekerja dengan baik, bahkan seringkali hanya sedikit atau tidak sama sekali. meskipun demikian, ada beberapa cara perawatan alami yang telah diteliti dan bisa bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah Anda.

Advertisement

Rambut yang rontok bisa tergantung kepada penyebab yang mendasari, kekurangan nutrisi, masalah tiroid, dan menopause semuanya bisa menyebakan kerontokan rambut. Kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan kerontokan rambut, dan Jika ini yang menyebabkan, mungkin perlu untuk diobati terlebih dulu. Obat-obatan dan metode tertentu terkadang dibutuhkan, tapi untuk pertama-tama cobalah untuk melihat apakah yang Anda makan setiap hari sudah menunjang untuk rambut? Baca juga : Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang

Makanan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut

Pastikan Anda telah memperoleh asupanĀ  nutrisi dan mineral yang cukup dari makanan, karena jika ada yang salah dengan diet akan ditunjukkan oleh tubuh termasuk mengalami kerontokan rambut. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan protein harian dari daging atau kombinasi susu dan kacang-kacangan.

Untuk mengatasi rambut rontok, disarankan untuk menyertakan kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan ikan dalam diet. Semua makanan ini merupakan sumber penting omega 3 yang membantu menurunkan peradangan dan membuat kulit kepala lebih sehat. Makanlah berbagai jenis makanan setiap hari, yaitu sayuran, buah, dan berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan , daging dan susu. Anemia adalah kondisi karena kekurangan zat besi, dan dapat menyebabkan rambut rontok. Namun suplemen zat besi hanya dianjurkan jika Anda memang terbukti positif kekurangan zat besi dan mengalami anemia. Zinc dan biotin membantu pertumbuhan rambut karena diasumsikan orang dengan gangguan metabolisme bisa memiliki rambut dan kuku yang tipis atau rapuh. Namun tidak direkomendasikan minum suplemen, tapi dia juga tidak mencegah penggunaannya.

Stres baik fisik dan emosional kadang-kadang dapat meningkatkan kerontokan rambut. Ada kalanya rambut rontok adalah normal untuk wanita, yaitu ketika menopause dan setelah kehamilan. Baca juga : Top 10 penyebab rambut rontok pada Wanita

Untuk perawatan tambahan, Anda bisa mencoba cara alami berikut :

Dengan Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan protein dan lemak esensial yang bermanfaat mempromosikan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Bila digunakan pada rambut, santan bisa memberikan hasil yang cepat. Anda bisa membuat santan segar sendiri di rumah dengan cara :

  1. Parut kelapa, lalu masukkan ke panci yang berisi air. Rebus
  2. Biarkan mendidih selama 5 menit. Kemudian saring.
  3. Setelah dingin, oleskan secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut . Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian keramasi rambut Anda.
Baca juga:  Manfaat Propolis untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Dengan beet

Jus beet mengandung karbohidrat, protein, kalium, fosfor, kalsium dan vitamin B dan C. Semua nutrisi ini amat penting bagi pertumbuhan rambut yang sehat.

  1. Mengkonsumsi jus bit segar secara rutin. Selain itu, jus bayam, jus selada, atau jus wortel akan membantu menjaga rambut Anda tetap sehat.
  2. Bisa juga dengan menggiling beberapa daun bit lalu direbus kedalam air, lalu setelah dingin diterapkan pada kulit kepala. Biarkan selama 15 sampai 20 menit lalu dibilas. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu.

Dengan Bawang Merah

Jus bawang merah bisa membantu mengatasi rambut rontok karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal ini akan meregenerasi folikel rambut dan mengurangi peradangan.

Sifat antibakteri dalam jus bawang juga membantu mematikan bakteridan parasit, dan mengobati infeksi kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Dalam sebuah penelitianpada tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, hampir 74 % dari peserta penelitian yang menggunakan jus bawang di kulit kepala mengalami pertumbuhan kembali rambut secara signifikan.

  1. Cara pertama; Hancurkan satu buah bawang merah dengan saringan. Aplikasikan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian keramasi.
  2. Atau cara kedua; campurkan 3 sdm buburĀ  bawang merah dan 2sdm gel lidah buaya. Anda juga bisa menambahkan 1 sdm minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan selama minimal 30 menit sebelum membilasnya dan berkeramas.

Ulangi salah satu dari obat ini dua atau tiga kali seminggu selama beberapa minggu.

Dengan Aloe Vera

Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung dapat meningkatkan pertumbuhan rambut . Juga memiliki sifat mengalkali yang dapat membantu membuat pH kulit kepala dan rambut ke tingkat diinginkan, yang aknirnya dapat sangat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penggunaan aloe vera untuk rambut secara teratur juga dapat meredakan kulit kepala gatal, mengurangi peradangan kulit kepala, menambah kekuatan dan kilau rambut, dan mengurangi ketombe.

  1. Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala.
  2. Biarkan beberapa jam dan kemudian cuci dengan air hangat.
  3. Ulangi hingga 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Anda juga dapat mengkonsumsi satu sendok makan jus lidah buaya setiap hari pada waktu perut kosong untuk mendapat manfaat pertumbuhan rambut yang lebih baik.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *