Cara mengatasi keputihan berlebihan, Gatal dan Berbau secara alami

Cara Mengatasi keputihan yang gatal dan berbauKeluarnya bentuk cairan dair organ intim wanita, baik dalam jumlah sedikit atau banyak berwarna putih atau kekuningan disebut dengan keputihan atau dalam istilah medisnya Leuchorroea. Hal ini terjadi diantara masa menstruasi dan kehamilan, dan umumnya bisa berlangsung beberapa hari atau seminggu. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini masih dianggap normal asalkan tidak menyebabkan iritas, bau, atau rasa gatal. Leuchorroea bisa juga disebabkan oleh hormon esterogen yang meningkat. Baca juga : Inilah Bahayanya sering mengkonsumsi minuman bersoda

Advertisement

Keputihan yang bau dan gatal

Tapi jika keputihan menyebabkan rasa ketidaknyamanan seperti bau tak sedap, gatal, debitnya berlebihan, pekat berkarat, berwarna putih keabu-abuan, berwarna kehijauan, kuning dan coklat bisa menjadi perhatian yang serius bagi wanita. Jika hal diatas terjadi, maka sebaiknya wanita harus pergi kedokter segera, karena :  Cairan keputihan banyak yang disertai dengan gatal bisa menyabkan iritasi, yang pada umumnya disebabkan oleh efek ragi atau pertumbuhan jamur di daerah tertentu diorgan reproduksi wanita. Diabetes dan konsumsi antibiotik juga bisa berkontribusi untuk jumlah keputihan yang banyak. Warna kuning, kehijauan yang disertai dengan bau yang busuk juga sangat berbahaya bagi kesehatan wanita, yang bisa disebabkan oleh infeksi PMS.

Dalam kasus keputihan yang masih dianggap normal, misalnya tidak  berbau, tidak berwarna, tidak menyebabkan gejala ketidaknyamanan, serta iritasi, pengobatan rumah berikut mungkin bisa membantu :

Biji ketumbar

Biji ketumbar bisa membantu mempercepat kesembuha keputihan normal pada wanita, caraya rendam beberapa sendok teh biji ketumbar kedalam air matang semamalam. Besoknya saring air dan minum pagi . Ini adalah salah satu solusi alami untuk mengobati keputihan tanpa efek samping.

Buah delima

Buah delima adalah buah yang banyak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.Buah ini juga merupakan salah satu pengobatan alami yang efektif untuk menghentikan keputihan pada wanita. Anda bisa mengkonsumsi buah ini langsung dengan bijinya atau ekstrak untuk menghentikan keputihan. Daun pohon delima juga bisa digunakan untuk menghentikankeputihan berlebih dengan cara ditumbu dan dikombinasikan dengan air lalu  dikonsumsi di pagi hari setiap hari.

Baca juga:  Inilah Bahayanya sering mengkonsumsi minuman bersoda

Okra

Okra adalah sayuran yang tak hanya bergizi, juga bermanfaat untuk mengobati leukorrhea abnormal yang bukan penyakit. Okra membantu menghilangkan lendir dari tubuh termasuk mengurangi keputihan.

Ambil100 gram okra, potong kecil-kecil. Lalu rebus dengan setengah liter atau sekitar dua cangkir air selama 20 menit sampai air tinggal setengah. Bagi mejnadi 3 bagian untuk diminum sebanyak 3 kali sehari dan tambahkan madu. Minum sampai kondisi membaik.

Basil/kemangi

Sudah sejak lama orang menggunakannya daun kemagi atau basil sebagai obat untuk mengobati keputihan.Ekstrak daun kemangi lalu tambahkan madu. minum 2 kali setiap hariuntuk mengatasi masalah keputihan debit banyak.

Sari pati beras/tajin

Caranya mudah, cuci beras, rebus dengan air, setelah itu saring airnya yang berwarna putih. Setelah didinginkan, minum secara teratur untuk mencegah masalah keputihan. Biasanya kalau menanak nasi secara tradisional akan menghasilkan tajin, dan setelah hangat atau dingin bisa diminum.

Daun jambu biji

Ambil beberapa daun jambu biji yang baik, cuci, kemudian didihkan sampai air tinggal setengahnya. Saring dan minum airnya 2 kali sehari untuk mengurangi masalah keputihan.

Jahe

Ambil jahe kering, bersihkan, potong-potong, dan giling. Kemudian jika Anda membutuhkan hanya perlu mengambil 2 sendok teh bubuk jahe,  rebus dengan air secukupnya hingga air tinggal setengahnya, dan minum setelah air sudah hangat. Minum secara teratur selama tiga minggu untuk menghilangkan debit keputihan.

Namun jika keputihan termasuk berwarna pekat, berwarna putih keabu-abuan, berwarna kehijauan, kuning dan coklat, serta menimbulkan bau tak sedap, gatal-gatal, serta menimbulkan ketidaknyamanan, cara terbaik adalah segera memeriksakannya kedokter. Hal ini sangat penting karena hal ini bisa menjadi pertanda penyakit serius terutama infeksi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *