Daerah Asal dan cara Menanam Durian Montong

Budidaya durian montongBuah durian montong masih menjadi jawara dari buah durian, daging buahnya yang besar dengan rasa dan aroma yang memikat, para pecinta durian sangat menyukai buah durian jenis ini. Permintaan akan buah durian montong yang berkualitas semakin kesini semakin besar sehingga banyak petani yang melirik dan mulai mencoba untuk belajar menaman buah durian montong, mempelajari dari segala aspeknya, secara menyeluruh sehingga ketika tiba waktunya untuk menaman petani bisa menanam buah durian dengan baik dan memetik hasil yang terbaik dan berkualitas tinggi. Belajar segala aspek termasuk cara menanam dan daerah asal durian montong, bisa membuat kedepannya akan menjadi lebih mudah jika sudah siap menaman pohon buah sendiri walau tanpa bantuan ahli.

Advertisement

Mengenal daerah asal, dan tata cara menanam buah durian montong yang baik

Apakah durian montong?

Durian montong termasuk jenis durian terbaik dan terpopuler di Indonesia, banyak penggemar durian yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk mencicipi kelezatan dari buah durian montong. Durian montong konon katanya berasal dari negara Thailand. Pohon durian montong dikabarkan mampu memproduksi buah disaat umurnya sudah 4-5 tahun sejak bibit durian montong ditanam. Kelebihan durian montong adalah pohon buah ini  bisa beradaptasi dengan sangat cepat di berbagai tempat, dan bisa memproduksi buah durian dalam jumlah yang besar. Namun sedikit disayangkan bahwa  durian montong sangat rentan terhadap penyakit Phytophthora sp. Namun semua masih bisa ditutupi oleh harga durian montong yang sangat menggiurkan para petani.

Manfaat Buah Durian

Syarat tumbuh durian montong

Sebelum menanam bibit durian montong berkualitas di kebun, pastikan jika semua syarat tumbuh dari durian montong telah Anda lakukan. Tanaman durian bisa tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1.000 meter dpl, akan tetapi untuk memproduksi buah durian montong, sebaiknya lakukan proses penanaman bibit di atas ketinggian 400-600 meter dari permukaan laut. Lebih lengkapnya, baca juga : Cara budidaya durian

Cara menanam buah durian montong

Untuk menanam buah durian dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan, Anda yang masih pemula bisa belajar langsung pada ahlinya atau belajar melalui buku cetak atau secara online. Belajar harus dilakukan karena menanam buah durian tidak bisa dilakukan asal-asalan. Berikut ini cara menanam, harga dan daerah asal durian montong :

  1. Pastikan jika jarak tanam adalah 8×12 m atau 10×10 m
  2. Buatlah lubang tanam sebesar 50 cm². Jangan lupa untuk memisahkan tanah yang berada di bagian atas dengan tanah yang berada di bagian bawah dan biarkan kurang lebih selama 2 minggu. Karena tanah yang ada di bagian atas akan dicampurkan dengan pupuk kandang matang kurang lebih sebanyak 20 kg +1 5 gram Natural GLIO + 10 kilogram Dolomit hingga merata sebagai media tanam, lantas masukkan campuran ini ke dalam lubang tanam, tunggu selama 1 minggu baru kemudian lakukan penanaman bibit buah durian.
  3. Idealnya, penanaman dilakukan disaat awal musim hujan. Anda bisa menggali lubang tanam yang telah berisi campuran media tanam dengan ukuran bibit yang sesuai. Ambilah bibit buah durian montong serta buka plasik pembungkus tanahnya secara perlahan-lahan, tanamlah bibit sebatas leher akar tidak perlu mengikutsertakan bagian batangnya
  4. Siram bibit buah durian dengan air secukupnya setelah proses menanam usai, untuk hasil lebih baik, Anda bisa menambahkan pupuk organik SUPERNASA dengan dosis satu botol untuk kurang lebih 200 tanaman. Dan satu botol SUPERNASA yang telah diencerkan dengan 2 liter air untuk dijadikan sebagai larutan induk. Setiap satu liter air diberikan 10 ml larutan induk untuk kemudian disiramkan pada bibit pohon buah durian montong ini.
Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Buah Durian?

Cara menanam dan daerah asal durian montong yang telah dijelaskan semoga bisa menambah wawasan Anda seputar budidaya buah terutama durian montong di Indonesia.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *