Cara Memilih Durian yang Bagus

Cara memilih durian yangBuah durian yang juga punya julukan si Raja Buah ini selalu menjadi perhatian para penggemarnya, yang selalu mereka nanti musim panennya tiba. Tak hanya disupermarket, buah yang beraroma kuat ini juga banyak dijual di pasar tradisional hingga dipinggir-pinggir jalan raya. Nah, bagi Anda yang biasa membeli buah di pasar tradisional tau pinggri jalan, kayaknya harus memiliki kemampuan khusus untuk membeli buah legit yang satu ini. Kenapa jika tidak?. Ya inilah tantangannya, karena penjual umumnya beli dari petani secara borongan, jadi tak semua buah durian yang mereka jual berkualitas baik dan kondisinya bagus. Dengan demikian bukanlah nasib buruk jika ternyata Anda mendapatkan durian yang masih mentah, cacat, dsb dari lapak pinggiran jalan. Untuk itu Anda harus jeli, dan tahu cara-caranya supaya bisa membawa kerumah buah durian yang bagus dan dengan harga lebih murah dari supermarket. Baca juga : Jenis buah durian terbaik Indonesia

Advertisement

Berikut tips cara untuk memilih buah durian yang bagus dengan kondisi baik

Jangan melihat warnanya

Warna biasanya menipu, pasalnya durian masak belum tentu memiliki warna kulit yang kuning. Dari sekian banyak kultivar durian yang ada, semuanya memiliki ciri terutama warna khasnya masing masing. Jadi, buah durian bisa saja memiliki warna hijau, kuning,atau kecoklatan,  dan itu belum tentu sudah masak atau masih mentah. Durian lokal bahkan sudah matang betul walaupun warnanya masih hijau. Namun, warna kuning atau kecoklatan, umumnya menunjukkan kualitas durian. Baca juga : Kandungan nutrisi dan kolesterol durian

Lihat bentuk dan fisiknya

Pilih buah durian yang memiliki bentuk simetris atau sempurna, tidak lonjong kesamping atau kosong yang sebelah, karena biasanya isinya tak utuh. Juga jangan memilih buah yang retak(sampai terlihat buahnya), karena walaupun sudah matang, kulit yang retak bisa menyebabkan penurunan kualitas bahkan membuatnya menjadi busuk.

Cium Aromanya

Setelah memilih berdasarkan bentuk dan warnanya, ambil durian tersebut dan cium aromanya. Jika buah durian suda matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah sangat terasa/tajam. Caranya, dekatkan hidung dan hirup aromanya – tapi awas durinya 😀 . Jika sudah tercium wangi yang tajam, berarti durian ditangan Anda memangsudah matang.

Baca juga:  Makanan untuk Diet Seimbang dan pengertiannya

Perhatikan tangkainya

Buah durian yang berkualitas bagus dan benar-benar masak adalah yang jatuh dengan sendirinya ketika tiba saatnya matang. Namun tidak semua petani memanen buah durian miliknya dengan menunggu jatuh dengan sendirinya satu persatu. Nah disinilah kemampuan Anda diuji, karena durian yang dipetik bisa jadi masih sangat mentah. Durian jatuhan memiliki ciri potongan tangkai yang halus, tidak ada bekas seperti potongan pisau atau seperti habis dipatahkan.

Pukul-pukul dengan telapak tangan

Durian yang matang tentu daging buahnya sudah lunak dan ada rongganya. Nah inilah celah ketiga bagi Anda untuk menentukan pilihan yang bagus. Pukul-pukul dengan telapak tangan dengan hati-hati, jika durian telah masak dengan daging yang lunak tentunya, maka suara pukulan akan terdengar “beg-beg” atau “bem-bem” atau seperti menggema . Sementara jika bunyinya masih kencang/nyaring “plak-plak”, berarti daging durian masih keras alias masih belum matang.

Memperhatikan musim

Musim dimana durian berbuah juga mempengaruhi kualitasnya. Jika buah durian dihasilkan pada saat musim hujan, maka biasanya daging durian tidak bisa mencapai kualitas yang maksimal. Musim kemarau adalah musim yang bagus bagi Anda jika menginginkan daging durian kualitas terbaik dengan rasa yang legit dan aromanya yang wangi.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *