Manfaat dan Cara membuat Masker lidah Buaya untuk Wajah

Cara membuat masker lidah buayaSebelumnya saya ceritakan dulu bahwa masker lidah buaya(aloe vera) dibuat dari bagian gel dari tanaman yang banyak manfaat ini. Dan untuk membuat masker atau hal lain dari tanaman aloe vera tidaklah sulit, Anda mungkin hanya butuh peralatan yang sederhana yang sehari-hari Anda gnakan dirumah. Mengenai manfaat dari penggunaan masker ini untuk wajah Anda, diantaranya menghambat penuaan kulit termasuk garis dan keriput, melembutkan kulit kering, mencegah jerawat, menyembuhkan kulit terbakar, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Manfaat aloe vera sebagai masker wajah :

Menghambat tanda penuaan termasuk kulit keriput:

Gel dari tanaman Aloe vera ini adalah pelembab alami yang dapat melindungi dan mencegah penuaan dini akibat terkena polusi lingkungan.

Hal ini dapat meningkatkan tingkat kolase, yaitu yang akan mencegah kulit keriput dan kendur dengan cara meningkatkan elastisitas kulit.

Lidah buaya juga mengandung zat yang bersifat antioksidan, sehingga menggunakanya secara rutin dapat mencegah pembentukan garis-garis halus dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kulit

Melembutkan Kulit Kering:

Lidah buaya dapat melembabkan kulit kering. Kombinasi sederhana gel lidah buaya dan madu bisa dipakai sebagai masker pada wajah selama 15 menit dan kemudian dicuci dengan air hangat untuk tujuan ini.

Jerawat :

Siapapun yang memiliki kulit yang berjerawat dapat mencoba menggunakan gel lidah buaya.

Gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang lebih baik dan lebih aman pada kulit daripada salep biasa.

Mencegah dan menyembuhkan kulit terbakar :

Cahaya matahari bisa cukup menyakitkan dan dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan.

Terlalu lama terpapar matahari bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Beberapa solusi herbal yang menggunakan gel lidah buaya dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit, memberikan efek pendinginan, menjaga kelembaban dan membantu mempromosikan penyembuhan dan mencegah dehidrasi.

Di negara-negara tropis seperti Indonesia yang lebih banyak menerima panas matahari ini, masker  lidah buaya terbukti sangat bermanfaat.

Cara membuat sendiri masker lidah buaya

Seperti yang telah Anda baca diatas bahwa masker lidah buaya bisa bermanfaat untuk semua jenis kulit. Anda sebenarnya tak sulit untuk mendapatkan produk masker lidah buaya di toko kosmetik. Namun jika Anda membuatnya sendiri, maka ada akan mendapatkan keunggulan tersendiri.

Jika Anda membuat masker lidah buaya sendiri, maka Anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai macam bahan alami untuk meningkatkan kulit dan membantu mencegah atau mengobati berbagai macam kondisi kulit seperti jerawat, kulit terbakar, tanda penuaan serta kerutan pada kulit, kulit kering dll

Baca juga:  Manfaat Masker Wajah dari Putih Telor

Berikut adalah beberapa resep masker lidah buaya yang dapat Anda coba dirumah :

Penggunaan dasar

Tak perlu khawatir jika Anda  tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masker wajah sendiri, karena Anda cukup hanya dengan memetik beberapa daun lidah buaya, mengambil gelnya dan mendinginkannya dalam kulkas selama beberapa menit sampai menjadi dingin.

Setelah itu cuci muka Anda dari semua kotoran dan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum Anda membasuh/mencucinya. Ini akan menenangkan kulit dan memperbaiki jaringan kulit serta bisa membantu melindungi dari sengatan matahari.

Untuk Kulit Sensitif

Bahan :

  1. 4 sdm Gel lidah buaya
  2. 2 sdm yoghurt
  3. 6 sdt Jus mentimun Segar

Campur semua bahan, gunakan sebagai masker wajah dan leher dan biarkan selama 15-20 menit. Jangan menggosok wajah. Bilasan pertama menggunakan air hangat dan bilasan kedua dengan air dingin. Kemudian keringkan dengan handuk bersih.

Lidah buaya yang menenangkan dan melembabkan kulit, sementara mentimun dan yoghurt sangat baik untuk membersihkan kulit. Cara ini dapat Anda gunakan lebih dari sekali dalam seminggu dan tidak menimbulkan efek samping. Anda juga dapat menambahkan minyak mawar untuk memperoleh manfaat tambahan untuk kulit yang sensitif.

Masker lidah buaya untuk mengurangi tanda penuaan, menyembuhkan dan mengurangi bekas jerawat

Untuk membuat masker ini Anda cukup menyediakan jeruk lemon yang terkenal akan banyak manfaatnya. Kombinasi dari keduanya akan menghasilkan efek yang luarbiasa untuk kecantikan kulit wajah secara keseluruhan.

Baca juga :Manfaat Terbukti Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Alat dan bahan

  1. Blender
  2. Juicer(opsional)
  3. Pisau
  4. Mangkuk
  5. 2 buah daun lidah buaya
  6. 1/2 jeruk lemon

Cara membuat :

  1. Potong sebanyak 2 buah daun lidah buaya yang tebal
  2. Hilangkan gerigi daun lidah buaya yang terdapat dikedua sisinya
  3. Belah daun lidah buaya antara sisinya, dan Anda akan melihat gel lidah buaya
  4. Lepaskan gel menggunakan pisau Anda dan kumpulkan kedalam mangkuk
  5. Peras lemon untuk mengambil airnya
  6. Masukkan gel lidah buaya dan air lemon kedalam blender. Proes sampai lembut.
  7. Tuangkan kedalam mangkuk, dan siap digunakan sebagai masker wajah.

Cara penggunaan :

Gunakan masker untuk wajah dan leher Anda untuk menjaga keselarasan warna kulit. Biarkan masker menepel diwajah Anda selama 10 sampai 15 menit dan kemudian baru dibilas.

Tips : Tak hanya untuk masker, gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk rambut. Caranya sama seperti ketika menggunakan minyak rambut, biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian dicuci. Hanya saja jeruk lemon sebaiknya diganti dengan madu untuk memperoleh efek yang melembabkan dan mendapatkan manfaat lebih.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *