Cara Budidaya Durian Montong

Budidaya durian montongIndonesia sebagai negara dengan konsumsi buah durian yang cukup tinggi menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan bagi para petani yang membudidayakan durian. Dari berbagai jenis buah durian yang dibudidayakan, durian montong termasuk jenis yang paling digemari. Setiap jenis buah durian memiliki karakter atau ciri khas yang berbeda, durian montong merupakan jenis durian yang berasal dari Thailand. Buah durian montong berbentuk bulat dengan kulit kuning yang kecoklatan. Durian montoh yang belum matang pun terasa manis, keistimewaan dari buah durian montong adalah pohon mampu berbuah sepanjang tahun sehingga buah durian montong bisa dipanen 3x tiap tahunnya, harga jual durian montong mulai dari Rp. 50.000 tiap kilogramnya. Baca juga : Khasiat buah durian

Advertisement

Berikut ini tata cara budidaya durian montong:

Syarat tumbuh durian montong

Disaat Anda memutuskan untuk bertanam durian montong maka pastikanlah jika Anda telah memenuhi semua syarat tumbuh dari durian montong, seperti pengaturan iklim, media tanam, dan ketinggian tempatnya. Lebih lengkapnya silahkan simak di bawah ini:

  1. Iklim. Curah hujan yang dibutuhkan untuk tanaman buah durian montong maksimum 3000-3500 mm per tahunnya dan minimal 1500-3000 mm per tahunnya. Curah hujan merata sepanjang tahunnya dengan catatan kemarau 1-2 bulan sebelum buah durian berbunga yang mana jauh lebih baik daripada musim penghujan. Intensitas cahaya matahari untuk menumbuhkan buah durian adalah 60-80%, namun disaat masih muda, bibit buah durian tidak tahan dengan sinar matahari langsung sehingga harus ditutupi atau dilindungi. Menanam buah durian cocoknya pada suhu sekitar 20-30 derajat C, karena bila tumbuh dan berkembang pada suhu 15 C, buah durian akan tumbuh tidak maksimal sedangkan bila tumbuh pada suhu 35 C daunnya akan terbakar.
  2. Media tanam. Merawat durian montong baru bisa dilakukan setelah Anda selesai menanam buah durian dan untuk menanam buah durian, Anda membutuhkan media tanam yang tepat, tanamlah buah durian di dalam tanah yang subur (tanah grumosol serta ondosol).
  3. Ketinggian. Daerah tempat untuk memulai berkebun durian montong tidak boleh memiliki ketinggian melebihi 800 m dpl, namun dalam beberapa kasus, beberapa buah durian cocok dibudidayakan dalam berbagai ketinggian lahan, termasuk lahan berbukit atau lahan dengan kemiringan kurang dari 15 derajat.
Baca juga:  Manfaat dan Kandungan Nutrisi Biji Buah Durian

Bagaimana cara menaman durian montoh agar cepat berbuah?

Bila Anda berencana untuk mulai budidaya buah durian, maka pastikanlah jika bibit buah durian tidak ditanam secara langsing di lahan, namun disemaikan terlebih dahulu di berbagai tempat persemaian. Dan biji durian yang telah dicuci sampai bersih dari dagignya harus dikering anginkan sampai benar-benar kering sehingga tidak ada sisa air yang menempel. Biji buah durian dikecambahkan terlebih dahulu sebelum ditanam di dalam persemaian atau langsung ditanam pada polibag.

Mulai menanam buah durian

Tanam biji buah durian dengan posisi miring tertelungkup namun sebagiannya masih terlihat dari atas permukaan tanah, pastikan jika jarak antara biji buah durian dengan lainnya tidak kurang dari 2 cm membujur serta 4-5 cm melintang. Setelah biji buah durian selesai dibenamkan, semprot dengan menggunakan larutan fungisida lantas kotak tutup plastikan sebelah atasnya untuk menjaga kelembaban. Setelah 2-3 minggu biji buah durian akan mulai mengeluarkan akar dengan tudung akar yang langsung masuk tepatnya ke dalam media yang panjangnya kurang lebih 3-5 cm.
Cara budidaya durian montong diatas hanya secara garis besarnya saja, dan untuk lebih lengkapnya Anda bisa mendapatkan buku panduan menaman atau budidaya buah durian, dimana yang bisa Anda dapatkan membelinya secara online atau melalui buku cetak ditoko buku Langganan Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *