Cara Alami untuk Membersihkan Usus Kita

car alami membersihkan ususUsus besar kita adalah salah satau bagian dari sistem pencernaan kita yang bertugas untuk menyerap air, vitamin dan semua nutrisi dari makanan yang kirta makan,  mengolah makanan yang tidak dicerna oleh usus kecil, dan mengeluarkan limbah atau kotoran dari dalam tubuh.

Advertisement

Ketika usus besar tidak berfungsi dengan baik, maka ia justru menyerap racun yang seharusnya tugasnya untuk menghilangkannya; dengan demikian akhirnya menyebabkan sejumlah masalah seperti sakit kepala, kembung, sembelit, gas, berat badan, kelemahan, kelelahan, hingga penyakit kronis.

Masalah yang bisa menyebabkan gangguan pada usus besar terutama oleh makanan yang tidak tercerna, yang kebanyakan sarat dengan zat aditif, pengawet dan bahan kimia lainnya. Hal ini pada akhirnya yang mengarah kepada  penumpukan lendir didalam  usus besar, kemudian menghasilkan racun yang meracuni tubuh.

Namun Anda dapat dengan mudah menyingkirkan racun ini dan mengembalikan kembali lingkungan usus dengan mengembalikan bakteri usus yang sehat. Hal ini nantinya akan membantu meningkatkan energi, dan meningkatkan penyerapan vitamin dan nutrisi. Ada banyak cara pengobatan untuk pembersihan usus yang tersedia, tapi bagi kebanyakan orang, pilihan terbaiknya adalah cara pengobatan yang alami.

Berikut ini cara alami untuk membersihkan usus yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan sederhana di rumah

Minum cukup Air

Air adalah hal pertama yang  terbaik untuk mendapatkan usus yang sehat adalah minum banyak air . Hal ini penting untuk menjaga asupan air setidaknya 8 gelas air dalam sehari. Konsumsi air putih secara teratur air ini akan memberikan cairan dan pelumas yang diperlukan tubuh untuk melepaskan racun dan limbah dari usus dan tubuh secara alami.

Minum air cukup juga akan merangsang gerakan peristaltik alami usus, yang membantu makanan supaya bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Air juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Anda juga bisa minum jus buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan cairan.

Minum jus apel Segar

Jus yang dibuat sendiri dari buah apel segar adalah salah satu cara pengobatan alami terbaik untuk membersihkan usus besar. Minum jus apel secara teraturakan merangsang gerakan usus, menghancurkan racun dan meningkatkan kesehatan liver serta sistem pencernaan.

Awali hari Anda dengan minum satu gelas jus apel, dan setelah 30 menit, minum satu gelas air. Ulangi cara ini secara rutin beberapa kali sehari dan terus selama tiga hari. Ketika menjalankan cara ini disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang padat.

Minum Air lemon

Air lemon memiliki kandungan zat yang bersifat antioksidan termasuk vitamin C yang tinggi,  adalah baik untuk sistem pencernaan . Oleh karena itu, air lemon bisa digunakan untuk membersihkan usus.

Campurkan air lemon, sedikit garam laut, dan sedikit madu dengan segelas air suam-suam kuku. Minum larutan lemon ini pada waktu perut kosong pada pagi hari.  Hal ini akan membantu Anda untuk memperoleh lebih banyak energi, BAB yang lebih baik, hingga memiliki kondisi kulit yang sehat.

Baca juga : Manfaat Minum Segelas air hangat dan lemon di pagi hari
Anda juga bisa menambahkan 2 sdm air lemon segar ke segelas jus apel Anda. Minum tiga atau empat kali dalam sehari.

Baca juga:  Manfaat Hebat Buah buahan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ikuti salah satu dari cara pengobatan ini selama beberapa hari.

Membuat Jus Sayuran segar

Dalam rangka membersihkan usus, adalah penting untuk menghindari makanan olahan dan makanan yang dimasak satu atau dua hari sebelumnya. Minum jus sayur segar beberapa kali sehari dan menahan makanan padat untuk  sementara. Sayuran hijau terutama mengandung klorofil yang bersifat membantu mengeluarkan racun. Sayuran segar juga kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang akan menjaga tubuh Anda sehat dan berenergi.

Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jus sayuran awetan/olahan karena biasanya sudah tidak mengandung enzim  yang bisa membantu tubuh untuk memecah dan mengeluarkan produk limbah. Anda bisa membuat jus sayur segar sendiri dari wortel, bit, bayam, tomat kangkung menggunakan juicer atau blender.

Baca juga : Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi Makanan yang tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat akan membantu membersihkan usus besar dari semua jenis racun makanan yang berpotensi membahayakan kesehatan. Serat membantu menjaga melunakjan tinja dan meningkatkan pergerakan usus , yang akhirnya membuat  tubuh bisa mengeluarkan semua produk limbah dengan tuntas. Pada saat yang sama, makanan kaya serat juga akan membantu menyingkirkan masalah usus apapun.

Anda bisa  menambahkan banyak serat alami kedalam diet Anda dengan jalan makan buah-buahan segar seperti buah  pir dan buah apel, serta sayur-sayuran segar seperti kacang polong, kacang panjang, bayam, sesawi,  dan brokoli. Sereal seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga mengandung sejumlah serat .

Mangonsumsi Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt secara teratur juga merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Yoghurt adalah makanan mengandung probiotik, terutama bakteri baik yang hidup dan aktif yang akan masuk kedalam usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Yoghurt juga mengandung  kalsium yang bermanfaat juga untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang melapisi usus besar. Yoghurt juga bisa mengatasi berbagai masalah usus seperti gangguan pencernaan, perut kembung, BAB tidak teratur, dan masih banyak lagi.

Anda bisa makan yogurt dengan cara menambahkan irisan beberapa buah segar seperti apel, jeruk limau, dan buah pisang.

Biji rami

Biji rami merupakan sumber asam lemak omega-3, antioksidan, dan serat pangan alami, sehingga membuatnya bisa membantu membersihkan usus Anda. Biji rami atau Flaxseed akan menyerap air, dan akan membantu menghilangkan racun dan lendir.  Selain itu, biji rami juga akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Anda bisa menambahkan biji rami untuk sereal, yoghurt, serta makanan sehat yang lainnya.

Demikian cara-cara alami untuk membersihkan usus besar, langkah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Catatan : Sebelum Anda memulainya sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter Anda untuk memperoleh arahan yang tepat, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat atau menderita kondisi kesehatan tertentu,

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *