Cara Alami Menurunkan kadar Trigliserida yang Tinggi

Menurunkan trigliserida alamiSudah pernah mendengar istilah trigliserida?…Triglycerides adalah sebuah istilah medis, dan Anda akan akrab dengannya apabila pernah melakukan test darah lengkap dan konsultasi dengan dokter. Trigliserida adalah istilah yang merujuk pada jenis lemak yang ditemukan dalam darah, dan biasanya dokter akan menguji kadar koletserol bersamaan dengan trigliserid. Kadar trigliserida darah yang dikatakan tinggi adalah jika lebih dari 200 mg / dL, namun dokter akan mempertimbangkan jika lebih dari 150 mg / dL.

Advertisement

Mengenal trigliserida

Menurut Wikipedia, Tri-gliserida artinya etser dari gliserol dan tiga asam lemak, dan Trigliserida adalah merupakan penyusun utama minyak nabati dan lemak hewani.

Trigliserida sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk kesehatan yang lebih baik namun dalam jumlah sedikit, tetapi jika berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Trigliserida yang tinggi bisa juga merupakan pertanda dari sindrom metabolik, yaitu  gabungan dari hipertensi, gula darah tinggi, rendah koletserol HDL, dan trigliserida tinggi – yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Penyebab trigliserid yang tinggi

Menurut WebMD,  trigliserid tinggi biasanya disebabkan oleh kondisi lain termasuk :

  1. Obesitas
  2. Diabetes yang tak terkontrol.
  3. Tiroid kurang aktif ( hipotiroidisme ).
  4. Penyakit ginjal .
  5. Mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang di bakar.
  6. Peminum alk*hol.
  7. Beberapa bisa karena faktor keturunan

Gejala trigliserid tinggi

Gajala trigliserida tinggi biasanya tidak dirasakan oleh penderita, namun mungkin akan terlihat seperti timbunan lemak dibawah kulit.

Cara alami untuk menurunkan trigliserida yang tinggi

Jika dokter Anda sudah mengatakan bahwa Anda memiliki tinggi atau kadar trigliserida yang tinggi, maka Anda bisa melakukan perubahan gaya hidup dan diet untuk dapat menurunkannya secara alami.

#1.Perubahan Diet

Hindari makanan manis.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana dapat menyebabkan kadar trigliserida menjadi tinggi atau terus tinggi. Hal ini berarti bahwa Anda harus rela menghentikan mengkonsumsi makanan manis seperti permen., termasuk minuman manis bersoda, kue, dan makanan olahan lain yang terlalu banyak mengandung gula.

Memilih makanan berkarbohidrat kompleks.

Biasanya Anda perlu untuk mengurangi asupan karbohidrat untuk membantu mengurangi kadar trigliserida Anda. Namun Anda tidak harus menghilangkan sepenuhnya dari diet, karena hal ini jusru dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan termasuk penyakit jantung.

Sebaliknya hindarilah mengkonsumsi karbohidrat olahan, dan beralih ke karbohidrat kompleks.
Karbohidrat olahan termasuk makanan yang terbuat dari tepung putih termasuk tepung beras, roti putih, dan kebanyakan jenis pasta.
Sedangkan Karbohidrat kompleks termasuk pasta gandum, roti gandum, quinoa, beras merah, oatmeal, dll

Meningkatkan asupan serat Anda.

Hal ini terkait erat dengan karbohidrat kompleks, karena cenderung sekaligus menjadi sumber serat yang baik. Selain makanan seperti gandum dan kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian adalah sumber serat yang sangat baik.

Cobalah mengganti makanan ringan manis bergula Anda dengan biji labu, raspberry, atau buah apel – yang semuanya adalah sumber serat tinggi.

Hindari lemak trans dan lemak jenuh.

Anda dapat menghindari lemak trans dengan cara tidak mengambil makanan yang digoreng dengan minyak bersuhu tinggi. Hal ini termasuk makanan berlemak jenuh seperti gorengan, saus kaya mentega, shortening, atau lemak.

Baca juga:  Alasan Kenapa Beras Merah lebih Sehat dari Beras Putih

Mengganti minyak goreng.

Saat memasak di rumah Anda bisa memilih minyak zaitun, minyak biji rami, minyak kenari, atau minyak canola. Hal ini adalah pilihan yang lebih baik daripada menggunakan mentega, margarin, minyak sayur, atau lemak.
Langkah ini adalah fundamental sederhana, namun penting jika ingin  menurunkan trigliserida. Bahkan makanan sehat bisa menjadi tidak sehat jika dimasak menggunakan minyak yang jenuh atau lemak trans.

Makan makanan mengandung asam lemak omega-3.

Anda mungkin pernah mendengar  asam lemak yang ditemukan dalam ikan. Hal ini mengacu pada asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan trigliserida Anda. Selain ikan, Anda juga dapat menemukan nutrisi ini dalam biji rami, kacang-kacangan, produk kedelai, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.
The American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi ikan setiap minggu, dengan pilihan ikan sehat termasuk salmon, tuna, trout, dan makarel.
Ketika Anda memilih makan daging merah, pilihlah ternak yang makan rumput karena dagingnya mengandung lebih banyak omega 3 dan omega 6.

#2. Perubahan Gaya Hidup

Berhenti mer*kok.

Dari sejuta macam dampak buruk dari mer*kok, salah satunya juga dapat meningkatkan trigliserida. Sudahlah, hentikan aja kebiasaan ini jika ingin menurunkan trigliserida dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Rajin Olahraga.

Membakar kalori juga dapat membantu membakar kelebihan trigliserida dalam tubuh agar kembali ketingkat yang lebih rendah dan sehat. Tidak aktif secara fisik yang seringkali bersamaan dengan obesitas adalah dua hal yang meningkatkan kadar trigliserida.

Jika Anda kelebihan berat badan, maka menurunkannya beberapa kilo dapat membantu menurunkan trigliserida Anda.
The American Heart Association merekomendasikan  150 menit latihan kardio moderat setiap minggu. Berolahraga rutin Tiga puluh menit dalam sehari dan dapat mencakup olahraga apa saja yang dapat memacu jantung Anda – joging atau berenang.

#3. Mengunakan Suplemen

Mengambil suplemen minyak ikan.

Jika Anda ingin mendapatkan asupan sehat asam lemak omega-3,  tetapi suka makan ikan, maka Anda bisa mengambil suplemen minyak ikan. Suplemen ini telah ditunjukkan untuk menurunkan kadar trigliserida pada orang dewasa. Konsumsi sesuai aturan.

Suplemen protein kedelai

Suplementasi protein kedelai yang paling umum adalah tersedia dalam bentuk bubuk yang dapat Anda campur menjadi berbagai macam jus. Banyak penelitian yang menguji bahwa suplemen protein kedelai dapat menurunkan tingkat trigliserida, serta secara keseluruhan positif untuk  tingkat kolesterol Anda.  Protein whey juga dapat berpengaruh positif terhadap kadar trigliserida. Konsumsi sesuai aturan.

Suplemen vitamin B3.

Vitamin B3 atau niacin juga telah terbukti efekti menurunkan kadar trigliserida.  Namun, Anda harus berkonsultasi dengtan dokter karena suplemen niacin memiliki beberapa erat efek samping yang jika kelebihan.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *