Cara Alami untuk Menghilangkan Stretch Mark

Cara alami menghilangkan stretch markPernah mendengar istilah Stretch mark?.. Ini adalah garis-garis putih yang terlihat pada permukaan kulit.  Stretch mark bisanya terlihat di perut, tetapi juga bisa di paha, lengan bagian atas, p***ntat dan p*yud*ra. Bahkan terkadang bisa sampai menutupi area kulit yang lebih luas. Penyebab utama stretch mark adalah kehamilan, penurunan berat badan yang drastis dari gemuk menjadi kurus, terlalu cepat dari kurus menjadi gemuk, faktor keturunan, stres dan perubahan kondisi fisik .

Advertisement

Kulit kita terdiri dari tiga lapisan utama yaitu lapisan Epidermis (lapisan luar), dermis (lapisan tengah) dan subkutan atau hipodermik (lapisan terdalam). Stretch mark terbentuk di dermis atau dilapisan kulit bagian tengah ketika jaringan ikat tertarik keluar dan melar, karena peregangan atau kontraksi kulit yang terlalu cepat .

Ketika kulit ditarik, maka kolagen akan melemah dan siklus produksi normalnya akan terganggu dan bahkan rusak. Hal ini pada akhirnya menyebabkan bekas seperti luka di bawah lapisan kulit atas. Tanda awalnya, permukaan kulit terlihat berwarna merah muda atau merah, namun semakin lama garis tersebut berubah menjadi putih atau keperakan dan stretch mark muncul.

Stretch mark bisa membuat Anda merasa risih serta tidak nyaman dengan penampilan Anda.

Berikut beberapa cara alami untuk mengurangi munculnya stretch mark

Menggunakan Minyak kastor

Minyak kastor biasanya digunakan untuk mengatasi  masalah kulit seperti kulit keriput, flek hitam diwajah, tahi lalat, garis-garis halus dan jerawat. Ia juga dapat digunakan untuk menghilangkan tanda oleh stretch mark.

  1. Oleska beberapa tetes minyak kastor dengan lembut pijat didaerah kulit ang ada strecth mark dengangerakan melingkar selama 5 sampai 10 menit.
  2. Lapisi kulit yang terdapat stretch mark dengan kain katun tipis, kemudian tempel dengan botol yang berisi air panas setidaknya setengah jam.
  3. Ulangi proses ini setiap hari selama setidaknya satu bulan untuk melihat hasil yang diinginkan.

Dengan Aloe Vera

Lidah buaya adalah bahan yang efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit. Gel tanaman ini memilikin sifat penyembuhan sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Ada beberapa cara untuk untuk menggunakannya.

  1. Langsung menggosokkan gel lidah buaya pada  kulit yang terkena,  biarkan selama 15 menit sebelum bilas dengan air suam-suam kuku.
  2. Cara lain buatlah campuran 1/4 cangkir gel lidah buaya, isi dari 10 kapsul vitamin E, dan isi dari lima kapsul vitamin A. Gosokkan campuran ini ke atas kulit sampai dapat meresap. Lakukan proses ini setiap hari.

Dengan putih Telur

Putih Telur adalah sumber protein yang tinggi. Untuk menghilangkan stretch mark, Anda sudah bisa hanya menggunakan putih telur yang banyak mengandung asam amino dan protein.

  1. Bersihkan area kulit yang ada stretch mark dengan air, dan kemudian lapisi dengan putih telur dengan kuas untuk make up.
  2. Biarkan hingga putih telur benar-benar kering, lalu kemudian bilas dengan air dingin.
  3. Terakhir, oleskan minyak zaitun untuk menjaga kelembabannya.
  4. Ulangi setiap hari selama minimal dua minggu untuk melihat hasil yang positif.
Baca juga:  Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Menggunakan Air Lemon

Cara lain yang cukup sederhana untuk mengurangi tanda stretch mark adalah dengan menggunakan air lemon. Lemon secara alami bersifat asam, sehingga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stretch mark, jerawat, dan bekas luka lainnya.

  1. Gosokkan air lemon segar ke area kulit yang terkena dengan gerakan melingkar .
  2. Biarkan air lemon meresap setidaknya 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  3. Pilihan cara lain adalah mencampur jus mentimun dan air lemon dengan rasio yang sama, dan kemudian oleskan pada kulit yang terkena stretch mark.

Menggunakan Gula

Gula putih alami adalah salah satu bahan alami terbaik untuk memudarkan stretch mark.

  1. Campurkan 1 sdm gula dengan beberapa tetes minyak almond dan beberapa tetes air lemon. Campurkan hingga merata, lalu mengoleskan rata pada stretch mark.
  2. Gosok dengan lembut pada kulit selama beberapa menit setiap hari sebelum mandi.
  3. Lakukan cara ini selama satu bulan atau lebih, dan lihat sampai stretch mark Anda menjadi lebih pudar.

Menggunakan Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemulihan sel-sel kulit.

  1. Potong kentang berukuran sedang menjadi beberapa irisan tebal.
  2. Ambil salah satu potongan kentang, kemudian gosokkan dengan lembut pada stretch mark selama beberapa menit. Pastikan kentang mengenai seluruh daerah kulit yang terkena.
  3. Biarkan kering selama sendiri untuk beberapa waktu, kemudian cuci dengan air hangat.

Menggunakan Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit termasuk stretch mark.

Gosokkan minyak zaitun extravirgin ke daerah kulit yang terkena sambil diurut dengan lembut. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mengurangi stretch mark .
Biarkan selama setengah jam sehingga vitamin A, vitamin D dan vitamin E yang terkandung dalam minyak zaitun dapat diserap oleh kulit.
Anda juga dapat mencampurkan minyak zaitun dengan cuka dan air, kemudian menggunakannya sebagai krim pada malam. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit dan juga mengelupaskan kulit.

 Air putih

Aur bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga membantu melindungi kulit dari berbagai masalah dan juga membantu detoksifikasi . Hal ini pada akhisrnya juga membantu menjaga agar kulit tetap lentur dan mengembalikan elastisitasnya.

Cobalah untuk minum satu atau dua gelas air beberapa kali dalam selama sehari. Para ahli mengatakan,  8 sampai 10 gelas air per hari adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air juga akan membuat kulit Anda tetap lembut dan membantu menjaga elastisitasnya. Dianjurkan untuk menghindari minum kopi, teh, dan soda.

Cara alami untuk menghilangkan stretch mark diatas mungkin tidak bisa benar-benar dapat menghilangkannya. Anda bisa meminta bantuan dokter kulit jika Anda merasa munculnya stretch  pada kulit Anda benar-benar dirasa berat dan mengganggu.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *