Cara Alami Menghilangkan Komedo

Cara alami menghilangkan komedoSemua orang pasti tidak suka kehadiran komedo, tapi menghilangkannya secara paksa seperti memencet atau melepas  menggunakan plester komedo bisa menimbulkan rasa sakit. Lalu apakah ada cara alami yang bisa lebih baik untuk menyingkirkan komedo selamanya? Memencet komedo bukanlah suatu ide yang terbaik karena bisa menyebabkan kulit meradang dan akhirnya menimbulkan jaringan parut. Jadi di sini ada beberapa tips umenghilangkan komedo dan mencegahnya datang kembali sama sekali menggunakan bahan-bahan sederhana yang biasa tersedia didapur rumah tangga.

Advertisement

Apakah Komedo?, dan bagaimana bisa ia muncul dikulit?

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul pada kulit akibat dari tersumbatnya folikel rambut. Benjolan ini disebut dengan komedo blackhead karena permukaan yang terlihat gelap atau hitam. Komedo adalah jenis jerawat yang umumnya muncul pada wajah dan hidung, tetapi juga tak menutup kemungkinan muncul di punggung, dada, lengan dan bahu. Ini adalah permasalahan kulit yang sangat umum yang dialami oleh banyak orang.

Pembentukan komedo terjadi jika ada penyumbat yang  berkembang di pembukaan folikel rambut di kulit Anda. Setiap folikel berisi satu helai rambut serta terdapat kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak yang disebut dengan sebum. Sebum sebenarnya berguna untuk membantu menjaga kulit lembut. Namun ketika sel-sel kulit mati dan minyak menumpuk di pembukaan folikel kulit, maka menghasilkan benjolan yang disebut dengan komedo. Jika kulit di atas benjolan tetap tertutup, maka benjolan disebut dengan komedo whitehead. Namun jika kulit di atas benjolan terbuka, maka paparan udara akan membuatnya terlihat hitam, sehingga disebut dengan Jerawat Batu atau komedo blackhead. Blackhed yang paling mudah dikenali karena warnanya yang gelap, serta sedikit terangkat tetapi tidak meradang atau menyakitkan seperti pada jerawat. Baca juga : Manfaat minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit, Wajah, dan Rambut

Penyebab Komedo :

Anda mungkin penasaran untuk mengetahui mengapa komedo seringkali bisa terjadi. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan muncul  jerawat dan komedo pada kulit :

  • Kulit mengeluarkan minyak tubuh secara berlebih
  • Penumpukan jerawat propionibacterium pada kulit
  • Iritasi folikel rambut ketika sel-sel kulit mati tidak keluarsecara teratur
  • Ketika ada perubahan hormonal dalam tubuh, maka kulit akan memproduksi minyak berlebih atau sebum. Kadang-kadang kulit juga melepaskan sebum secara berlebih saat menstruasi dan saat mengonsumsi pil KB.
  • Beberapa komedo bisa terjadi karena reaksi obat-obatan seperti kortikosteroid, lithium dan androgen.
  • Stres juga dapat memicu munculnya komedo.
  • Kadang-kadang faktor genetika atau keturunan menyebabkan komedo.
  • Wajah yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan komedo.
  • Beberapa bahan kimia tertentu dalam kosmetik bisa bereaksi dengan kulit dan menyebabkan komedo.
  • Mer*kok, minum alk*hol atau minuman berkafein bisa memicu komedo.

Berikut beberapa cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami yang biasa tersedia di rumah tangga

Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang efektif untuk komedo serta jerawat, yang membantu melepas banyak kotoran kulit .

Campur 2 sdt  baking soda dengan air mineral untuk membuat adonan atau pasta.
Oleskan pada daerah kulit yang komedoan sambil dipijat dengan lembut. Biarkan hingga kering selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ulangi obat ini sekali atau dua kali seminggu.

Kayu Manis

Kayu manis adalah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan dan mencegah datangnya komedo.

  1. Campurkan  setiap 1 sdt bubuk kayu manis dan air lemon, bisa juga ditambahkan sejumput bubuk kunyit . Ratakan adonan ini di wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian cuci bersih.
  2. Bisa juga Anda mencampurkan 1 sdt bubuk kayu manis dengan madu untuk membuat pasta kental.Terapkan adonan pada daerah yang muncul komedo sebelum tidur dan biarkan selama semalam. Pada pagi harinya basuh muka dengan air biasa. Untuk memperoleh hasil terbaik, lakukan setiap hari selama 10 hari.
Baca juga:  Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kulit

Oatmeal

Gabungan antara oatmeal dan yogurt sangat bagus untuk membebaskan kulit dari komedo.

  1. Campurkan 1 sdt madu dan empat tomat yang dihaluskan dengan oatmealecukupnua untuk membuat adonan .Gosokkan pada kulit Anda dan mencucinya setelah 10 menit. Ulangi cara secara teratur.
  2. Anda juga bisa membuat adonan dengan mencampurkan 2 sdm oatmeal, 3 sdm yogurt tawar, dan beberapa perasan lemon dan minyak zaitun. Oleskan adonan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama beberapa menit sebelum wajah di bilas  dengan air.

Air lemon

Air lemon juga banyak digunakan untuk pengobatan jerawat, juga bisa membantu menghilangkan komedo. Nutrisi dan vitamin dalam air lemon baik untuk semua jenis kulit.

Lemon madu rumah obat untuk komedo

Masukan beberapa tetes madu pada separoh bagian lemon. Untuk tambahan pengelupasan kulit Anda juga dapat menambahkan sedikit gula. Gosokkan separoh lemon tadi pada wajah Anda, terutama di daerah yang rawan komedo. Bilas setelah 10 menit. lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu. Baca juga : Cara Alami Memutihkan Kulit
Anda juga bisa mencampurkan air lemon segar dengan susu atau air mawar untuk membuat pembersih wajah yang bisa digunakan beberapa kali dalam seminggu.

Teh Hijau

Campurkan 1 sdt daun teh hijau kering dengan sedikit air untuk membuat adonan.
Gosokkan adonan dengan lembut di atas daerah yang terkena komedo selama 2 – 3 menit. . Lalu bilas dengan air hangat. Scrub ini akan membersihkan kulit berminyak dan membantyu membuka pori-pori menutup.

Madu

Madu memiliki sifat menyeimbangkan untuk kulit yang berminyak dan berkomedo. Madu bermanfaat menghidrasi serta mengencangkan pori-pori pada kulit, dan dapat membuat kulit cerah.

Oleskan madu organik pada wajah Anda dasn biarkan selama sekitar 10 menit.
Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

Kunyit

Kunyit bermanfaat baik untuk luka bakar ringan, juga dapat digunakan untuk mengobati komedo.

  1. Campurkan bubuk kunyit secukupnya dengan 2 sdm jus mint, dan aplikasikan ke daerah yang berkomedo. Biarkan  selama beberapa menit hingga mengering dan cuci daerah dengan air hangat.
  2. Anda juga bisa dengan membuat adonan kental dengan cara mencampur bubuk kayu cendana merah, bubuk kunyit dan susu . Kemudian aplikasikan adonan pada daerah kulit yang komedo dan cuci setelah 10 menit dengan air biasa.

Tepung jagung

Tepung jagung memiliki sifat yang abrasif untuk membersihkan kotoran dan menutup pori-pori di kulit Anda.

  • Campurkan 1sdm tepung jagung dengan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan secukupnya.
  • Sebelum mengaplikasikannya, gunakan uap untuk membantu membuka pori-pori di wajah Anda. Setelah itu pijatkan adonan dengan gerakan melingkar. Konstentrasikan pada daerah kulit yang paling terdampak.
  • Setelah beberapa menit, bilas wajah dengan air dingin. Cara ini akan membantu menutup pori-pori.

Cara alami menghilangkan komedo diatas telah banyak dilaporkan membantu banyak orang, yang sebagian perlu menggunakannya secara teratur untuk memperoleh hasil jangka panjang. Jika cara alami diatas tidak membantu Anda,  mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *