Cara Alami Memutihkan Kulit Gelap dengan Cepat

Cara alami memutihkan kulitKulit yang hitam dan kusam bisa disebabkan oleh paparan berlebihan matahari, polusi, kondisi medis, kulit kering, stres, gaya hidup tak sehat, dan penggunaan kosmetika berbahan dasar kimia. Sangat banyak orang-orang yang berusaha keras untuk memiliki kulit yang sehat dan sempurna, sehingga banyak  krim pemutih kulit dan lotion dibuat dan dijual kepasaran. Namun banyak produk yang menggunakan bahan kimia yang pada akhirnya justru merusak kulit. Tapi kangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan perawatan kulit alami namun efektif dapat mencerahkan dan meningkatkan warna kulit Anda – juga sambil berhemat anggaran.

Advertisement

Berikut beberapa cara alami untuk memutihkan kembali kulit gelap dengan cepat

Menggunakan Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk dari susu, yang mengandung banyak nutrisi yang baik terutama untuk memutihkan kulit. Selain itu juga mengandung asam laktat yang memiliki sifat pemutih untuk kulit dan berikut cocok untuk semua jenis kulit. Baca juga :Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan Kulit Wajah

  1. Gosokkan yogurt ke kulit Anda dengan lembut, biarkan selama beberapa menit kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan ini hanya sekali dalam sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan perubahan yang signifikan pada kulit Anda.
    Atau Anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan yogurt tawar dengan 1/12 sdm madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher, dan biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan cara ini sekali sehari untuk meningkatkan warna kulit Anda.
  2. Anda juga bisa menambahkan ke yoghurt sedikit air jeruk dan oatmeal secukupnya untuk membuat adonan yang kental, dan gunakan sebagai masker wajah. Cara ini akan membantu menjaga kulit Anda kenyal dan lembab.

Menggunakan  buah Jeruk

Salah satu bahan yang sangat penting untuk perawatan kulit adalah vitamin C, yang bisa Anda peroleh dari buah jeruk. Selain vitamin C,  jeruk juga memiliki sifat pemutih yang dapat mencerahkan warna kulit.

Mengkonsumsi jus jeruk segar secara rutin telah diketahui sangat meningkatkan tekstur serta kekenyalan kulit. Untuk mencerahkan kulit Anda, jeruk bisa digunakan dalam dua cara yang berbeda.

  1. Campurkan 2 sendok makan air jeruk dan sejumput bubuk kunyit. Oleskan campuran ini di wajah dan leher Anda sebelum tidur, dan Anda juga bisa menerapkannya pada tangan dan kaki. Setelah 20 sampai 30 menit cuci dengan air. Lakukan ini setiap hari.
  2. Giling kulit jeruk yang sudah dikeringkan menjadi bubuk, lalu ampurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk ini dengan 1 sdm yogurt tawar untuk membuat adonan atau pasta. Oleskan campuran ini pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit lalu cuci dengan air. Cara ini akan membantu meringankan bintik-bintik atau tanda bekas lainnya pada wajah Anda. Cukup lakukan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali, tapi jangan lebih dari itu.

Menggunakan Madu organik

Madu bisa membantu memutihkan kulit plus bekerja sebagai pelembab kulit alami. Kulit kering merupakan faktor umum yang menyumbang warna kulit yang tidak merata. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memudarkan tanda penuaan dan bekas jerawat.

  1. Oleskan madu murni pada wajah Anda, dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya menggunakan air hangat. Perawatan alami dan mudah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan segar dari sebelumnya. Anda cukup melakukan  ini sekali sehari.
  2. Untuk membuat masker alami pencerah kulit, campurkan 1 sdt madu, 1 sdt air lemon, s1 sdm susu bubuk, dan 1 1/2 sdt minyak almond. Campurkan  dengan baik dan mengoleskan dengan lembut pada kulit. Biarkan menempel pada kulit selama 10 sampai 15 menit lalu cuci dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari.

Menggunakan Lemon

Kandungan asam dari lemon bertindak sebagai agen pemutih alami untuk kulit,  dan vitamin C nya mendorong pertumbuhan sel baru. Lemon juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

  1. Celupkan bola kapas di perasan lemon segar dan menerapkannya langsung pada wajah Anda. Anda bahkan dapat menggosok luka lemon langsung di atas kulit yang terkena dan memungkinkan jus untuk menempel pada kulit. Biarkan selama setidaknya satu jam dan kemudian cuci wajah Anda dengan air. Lakukan ini sekali sehari. Obat sederhana ini pasti akan meringankan warna kulit Anda dan juga dapat mencegah perkembangan bekas luka di wajah Anda.
  2. Campurkan 3 sdt air  lemon dan 1 sdt bubuk kunyit dengan merata. Oleskan campuran ini pada kulit Anda dan biarkan selama 1/2 jam lalu cuci dengan air. Lakukan cara ini sekali sehari.
  3. Atau Anda juga bisa mencampur 1 sdt air lemon, susu bubuk, dan madu. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum mencucinya. Anda bisa melakukan satu kali hari ini atau di hari lainnya.
Baca juga:  Manfaat luarbiasa bawang putih untuk kecantikan, kulit, dan rambut

Catatan: Jika menggunakan cara ini, pastikan tidak ada lukayang  terbuka pada kulit Andakarena sifat asam lemon lemon bisa menyebabkan nyeri pada luka. Jus lemon mungkin juga tidak cocok untuk kulit yang sensitif atau jika apabila alergi terhadap lemon.

Menggunakan gel Lidah buaya/Aloe Vera

Lidah buaya bisa mengurangi pigmentasi kulit berlebih dan juga bisa mengembalikan warna asli kulit Anda. Pigmentasi merupakan salah satu penyebab utama untuk warna kulit yang tidak merata.

Efek mendinginkan dari lidah buayajuga membantu meregenerasi sel-sel kulit baru dan membangun kembali jaringan yang rusak – hal penting bagi kesehatan kulit.

  1. Buang lapisan luar daun lidah buaya, peras untuk mendapatkan gel lidah buaya.
  2. Oleskan gel lidah buaya secara menyeluruh pada kulit Anda.
  3. Diamkan selama sekitar 30 menit, kemudian cuci dengan air.
  4. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama dua minggu.

Menggunakan buah Pepaya

Pepaya bisa digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan dan juga untuk meningkatkan warna kulit Anda. Pepaya diyakini mengandung sifat pemutih alami dan mengandung banyak nutrisi yang akan membuat kulit Anda sehat dan cerah.

  1. Makan buah pepaya. Sifat pembersihan pepaya akan membersihkan kulit dari kotoran yang dapat menyebabkan kulit gelap.
  2. Gosokkan bagian dalam kulit pepaya di wajah Anda, dan biarkan hingga kering. Kemudian basuh wajah Anda menggunakan air dingin dan keringkan dengan tepuk kering. Lakukan ini setiap hari untuk mendapat kulit bersih.
  3. Lembutkan buah pepaya yang matang dan campur dengan  air lemon segar. Pijatkan campuran tadi di seluruh wajah dan leher.  Diamkan selama setidaknya 30 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Lakukan cara ini setidaknya sekali dalam seminggu untuk melihat perubahan warna kulit Anda.

Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk meningkatkan warna kulit. hal ini membantu membangun melanin untuk menjaga warna kulit . Kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.
Campurkan bubuk kunyit dan susu krim untuk membuat adonan pasta kental, lalu oleskan pada kulit Anda. Biarkan hingga mengering dan kemudian  cuci dengan air hangat. Jika dilakukan secara teratur, masker sederhana ini bisa efektif untuk memutihkan kulit.

Menggunakan Ketimun

Ketimun mengikat kolagen dan memastikan kulit kuat dan lentur. Ketimun juga memiliki efek mendinginkan pada kulit dan sangat cocok untuk semua jenis kulit.

  1. Letakkan irisan mentimun secara langsung pada daerah kulit yang gelap atau yang perlu untuk ditingkatkan. Biarkan selama beberapa menit, mengambilnya dan kemudian bilas kulit  dengan air hangat. Lakukan cara mentimun ini dua kali sehari.
  2. Parut mentimun campur dengan madu untuk membuat masker. Oleskan maskermentimun madu ini pada wajah dan leher. Biarkan selama 15- 20 menit ,  kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.
  3. Anda juga bisa mencampur setiap 1sdt air lemon dan jus ketimun. Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit atau sampai mengering, lalu cuci dengan air. Lakukan cara ini sekali dalam sehari.

Menggunakan Oatmeal

Cara lain yang baik untuk mendorong pertumbuhan sel kulit baru dengan tujuan meningkatkan warna kulit adalah menyingkirkan sel-sel kulit lama. Oatmeal membantu mengelupaskan kulit, sehingga meninggalkan kulit yang kenyal dan lembut.

  1. Campur oatmeal dengan jus tomat, dan meratakan pada wajah Anda. Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air dingin. Sambil membilas, gosok dengan lembut sehingga oatmeal dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati. Lakukan cara oatmela ini setiap hari.
  2. Atau campurkan 1 sdt bubuk oatmeal, sejumput bubuk kunyit, dan beberapa tetes air lemon untuk membuat adonan tebal. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga mengering. Ketika sudah kering, cuci masker dengan air. Cukup lakukan sehari 1 kali.

Cara alami untuk memutihkan kulit daitas bisa sangat efektif,  tetapi mungkin akan membutuhkan waktu dan kesabaran Anda.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *