Cara Alami Untuk Memutihkan Kulit Ketiak Hitam

Cara alami mencerahkan kulit ketiakWarna kulit yang gelap di daerah ketiak secara umum bukanlah suatu penyakit atau kondisi medis. Hal ini bisa dianggap sebagai akibat dari respon kulit terhadap paparan unsur-unsur tertentu, misalnya mirip dengan berjemur yang disebabkan paparan sinar ultraviolet matahari. Beberapa penyebab utama dari ketiak yang gelap adalah kebiasaan mencukur, penggunaan krim enghilang rambut, keringat yang berlebihan, sirkulasi yang buruk di ketiak, penumpukan sel-sel kulit mati, dan penggunaan deodoran yang berbahan dasar alk0h0l dan antiperspiran.

Advertisement

Anda sebenarnya bisa dengan mudah untuk menghilangkan warna gelap pada ketiak menggunakan bahan alami yang sederhana, yang aman, efektif, mudah, dan murah.

Ketiak yang lebih gelap disisi lain juga mungkin bisa karena kondisi medis yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas, gangguan hormonal, penggunaan obat-obatan tertentu, dan hingga kanker. Jika warna hitam ketiak Anda disebabkan oleh kondisi ini, maka tentunya harus diserahkan kepada dokter untuk menapat diagnosa dan pengobatan yang tepat.

Berikut 10 cara alami untuk mencerahkan warna kulit ketiak yang gelap

1. Menggunakan Kentang

Kandungan asam dalam kentang adalah agen pemutih alami yang baik. Tidak seperti zat pemutih kimia yang kuat, kentang tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Caranya Anda cukup menggosokkan irisan tipis kentang pada ketiak Anda.
  2. Anda juga bisa memarut kentang dan menerapkan ke daerah ketiak, dan biarkan hingga kering; yaitu  selama 15 sampai 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.


Gunakan salah satu dari cara diatas sebanyak dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Kentang juga bagus untuk dibuat masker untuk memutihkan kulit wajah Anda

2. Menggunakan mentimun

Sama seperti kentang, mentimun juga memiliki sifat pemutih alami untuk membantu mencerahkan kulit yang berubah warna.

Caranya gosokkan irisan mentimun tipis di ketiak, atau Anda juga dapat memarutnya lalu mengoleskannya diketiak Anda. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam sehari sampai Anda melihat hasilnya.
Pilihan cara lainnya adalah jus mentimun dan campur dengan bubuk kunyit, dan tambahkan sedikit air lemon. Oleskan campuran dari ketiga bahan alami ini pada daerah ketiak Anda. Biarkan selama 30 menit, dan kemudian cucinya dengan air bersih. Ulang sekali sehari dan  setiap hari untuk memperoleh hasil terbaik.

3. Menggunakan air Lemon

Lemon dapat bekerja sebagai pemutih alami dan memiliki agen antibakteri dan antiseptik yang kuat. Inilah sebabnya mengapa lemon banyak digunakan untuk pengobatan banyak kondisi yang berhubungan dengan kulit . Lemon bisa mengeringkan kulit ketiak Anda, sehingga berikan pelembab setelah menggunakan lemon jika Anda merasa perlu.

Baca juga : Manfaat Minum Segelas air hangat dan lemon di pagi hari

Untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit ketiak Anda, gosokkan irisan lemon pada kulit ketiak selama beberapa menit. Lalu diamkan dulu selama sekitar 10 menit, kemudian cuci secara menyeluruh. Untuk mendapatkan pengelupasan kulit yang lebih baik, Anda juga bisa taburkan sedikit gula pada irisan lemon tadi dan menggunakannya. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu.
Pilihan cara lain adalah dengan mencampurkan sedikit bubuk kunyit, madu, atau yogurt mentah dpada beberapa air lemon lalu mengoleskannya secara merata ke kulit ketiak Anda yang hitam. Biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian mencucinya. Ulangi cara ini tiga atau empat kali selama seminggu.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk membuat scrub exofoliating untuk menghilangkan warna gelap pada kulit ketiak. Hal ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, yang merupakan salah satu penyebab utama dari warna ketiak yang hitam. Cara ini juga akan membantu membuka pori-pori kulit.

  1. Campurkan baking soda dengan air untuk membuat adonan kental.
  2. Gunakan  untuk menggosok ketiak Anda.
  3. Mencucinya menjadi bersih, lalu keringkan secara menyeluruh dengan ditepuk.
  4. Ulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu.
Baca juga:  Top 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit

5. Menggunakan Kulit jeruk kering

Kulit jeruk memiliki sifat menenangkan dan pengelupasan, sehingga dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit di bawah lengan Anda.

  1. Jemur beberapa kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benar kering.
  2. Giling kulit jeruk yang telah kering menjadi bubuk.
  3. Campurkan 2 sdt bubuk kulit jeruk dengan air dan susu secukupnya untuk membuat adonan kental.
  4. Gosokkan adonan ke ketiak Anda dengan lembut, kemudian biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit.
  5. Cuci bersih dengan air dingin.
  6. Ulangi  dua atau tiga kali dalam seminggu.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan pilihan yang baik untuk menghilangkan warna gelap pada ketiak. Hal ini karena bahan alami ini mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan kulit. Pada saat yang sama, minyak kelapa juga bekerja sebagai deodorant alami yang efektif.

  1. Pijat ketiak Anda  dengan minyak kelapa.
  2. Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  3. Cuci lembut dengan sabun dan air hangat.
  4. Ulangi cara ini dua atau tiga kali dalam sehari sampai Anda merasa puas.

7. Menggunakan Susu murni

Susu mengandung Vitamin dan asam lemak sehingga dapat membantu meminimalkan warna gelap pada kulit ketiak. Ini akan melembutkan kulit dan membuat warna kulit lebih ringan.

  1. Campur 2 sdm susu murni, 1 sdm tepung,  tepung , dan 1 sdt yoghurt untuk membuat adonan kental.
  2. Oleskan pada ketiak Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Ulangi beberapa kali dalam seminggu secara teratur. Anda juga dapat menambahkan sedikit madu.

8. Menggunakan Cuka Putih

Cuka juga bisa membantu Anda untuk menyelamatkan ketiak Anda dari tampilan yang gelap. Bahan alami ini tidak hanya akan mencerahkan warna kulit ketiak, tetapi juga akan mematikan kuman dan bakteri yang memakan sel-sel kulit mati yang menyebabkan bau ketiak.

  1. Campurkan tepung beras dengan cuka untuk membuat adonan kental.
  2. Mandi dengan air hangat lebih dulu, kemudian mengoleskan adonan ini pada ketiak Anda sampai merata.
  3. Biarkan mengering sendiri selama 10 sampai 15 menit,  kemudian bilas dengan air hangat.
  4. Ulangi beberapa kali seminggu sampai melihat hasil yang diinginkan.

9. Menggunakan Bubuk kayu cendana

Cendana merupakan bahan yang dapat membatu mencerahkan kembali warna kulit termasuk ketiak yang gelap. Aroma cendana juga akan membantu menghilangkan bau badan karena keringat yang berlebihan.

  1. Campurkan 2 sdm bubuk kayu cendana dan air mawar secukupnya untuk membuat adonan kental.
  2. Oleskan merata pada ketiak Anda.
    Biarkan selama sekitar 15 menit atau sampai mengering sendiri, baru  kemudian cuci berish dengan air dingin.
  3. Ketika diulang setiap hari, obat ini akan meringankan warna kulit dari ketiak Anda dalam beberapa hari.

10. Menggunakan Tepung Gram

Bahan alami lain yang dapat menghilangkan warna gelap pada ketiak adalah tepung gram atau besan.

  1. Campurkan 2 sdm tepung gram, masing-masing 1 sdt yogurt mentah dan jus lemon, dan bubuk sedikit kunyit untuk membuat adonan kental.
  2. Oleskan adonan ini pada ketiak Anda.
  3. Biarkan selama sekitar 30 menit, sebelum di bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan setiap hari selama dua minggu. Kemudian ulangi lagi sebanyak tiga kali dalam seminggu sampai Anda merasa telah mendapatkan hasil yang diinginkan.

Demikian cara alami untuk mencerahkan kembali warna kulit ketiak yang berubah hitam dan langkah-langkahnya. Setelah itu Anda bisa nikmati kulit ketiak yang terasa  lembut, halus dan lebih cerah.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *