Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang

Cara agar rambut cepat panjangMemiliki rambut yang panjang, berkilau dan indah tentu menjadi idaman Banyak wanita. Namun tak sedikit yang menyadari bahwa apa-apa yang dimakan akan sangat mempengaruhi rambut dan pertumbuhannya. Jadi jika Anda ingi memperoleh cara almi yang paling baik untuk membuat rambut Anda cepat panjang dan indah, tentunya harus memperhatikan makanan dan tentusaja cara perawatan rambut yang tepat. Menerapkan cara perawatan rambut yang baik juga dapat membantu mencegah rambut pecah sebelum memanjang, dimana yang merupakan masalah serius bagi percepatan pertumbuhan rambut. Seperti apa cara yang tepat dan tipsnya?.. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak, karena Anda juga tentu menginginkan memiliki rambut yang tebal dan sehat bukan?

Advertisement

Berikut Tips dan cara alami agar rambut lebih cepat panjang, tebal, sehat, dan berkilau

Ubah cara keramas Anda.

Seberapa sering Anda mencuci rambut Anda dan berapa suhu air yang Anda gunakan bisa mempengaruhi berapa lama rambut Anda bisa panjang. hal ini karena mencuci rambut terlalu sering dan menggunakan air panas akan menyebabkan rambut kering dan rapuh. Yang akhirnya mengarah kepada kerusakan rambut, dan mencegah rambut  tumbuh panjang dan tebal.

Solusinya:  Cuci rambut Anda tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu, dan menggunakan air terdingin yang bisa Anda lakukan.

Keringkan rambut Anda dengan cara lembut.

Apakah Anda biasamengeringkan rambut dengan handuk secara kasar, menggunakan sikat, dan menggunakan pengering? . Cara yang demikian akan mengambat rambut untuk dapat panjang dan kuat, karena Anda melakukan itu saat rambut sedang basah. Setelah keramas, tepuk lembut dengan handuk kering dan selanjutnya biarkan rambut kering karena udara.

Jangan menyisir rambut Anda saat basah.

Rambut basah cenderung meregang dan istirahat lebih mudah daripada rambut yang kering. Jika Anda perlu mengaturnya, cukup gunakan jari-jari Anda atau sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut yang kusut.
Jangan blow dry rambut Anda kecuali untuk acara-acara tertentu. Blow dry sering kali menyebabkan kerusakan, keriting dan bercabang, dan itu tidak mudah untuk dipulihkan kecuali setelah dibotakin seluruhnya.

Jangan menggunakan bahan kimia untuk rambut Anda.

Sampo dan kondisioner yang sehari-hari Anda pergunakan bisa menyumbang pada perlambatan pertumbuhan rambut. Kebanyakan shampoo komersial mengandung sulfat yang berfifat menghilangkan minyak alami rambut dan rentan terhadap kerusakan.

Conditioner mengandung silikon yang melapisi rambut dengan bahan kimi,a dan perlu dicuci dengan sampo yang lebih kuat. Siklus seperti ini benar-benar merusak rambut!

Inilah yang dapat Anda lakukan sebagai gantinya:

  1. Keramasi rambut terakhir dengan sampo yang kuat untuk menyingkirkan setiap silikon yang tersisa.
  2. Berikan rambut  beristirahat selama beberapa hari, tidak mengeramasi, meluruskan, atau menggunakan produk apapun.
  3. Gunakan sampo yang  hanya mengandung minyak alami dan tidak mengandung bahan pembersih kimia.
  4. Menggunakan condisioner alami dengan cuka sari apel yang diencerkan. Jangan khawatir bau cuka, karena ketika rambut mengering maka tidak akan berbau seperti cuka sama sekali. Untuk deep-conditioning, coba gunakan minyak kelapa(vco).

Melindungi rambut dari penyebab kerusakan dari luar.

Tutup rambut Anda dengan topi atau syal jika menghabiskan waktu berjam-jam di bawah sinar matahari, berenang di kolam yang diklorinasi, atau nongkrong di daerah tinggi tingkat polusi udara. Setelah itu pastikan mencuci dan mengeringkan rambut dengan metode lembut dan aman sesudahnya.

Makan lebih banyak protein.

Protein adalah bahan dasar produksi rambut, cepat panjang, mengkilap dan sehat. Namun bukan berarti Anda harus makan banyak daging – namun artinya Anda hanya perlu fokus pada protein pada sebagian besar makanan Anda.
Jika Anda bisa makan daging, boleh daging sapi, ayam, ikan, dan jenis-jenis daging lain. Telur dan beberapa jenis keju juga tinggi protein.
Kacang-kacangan, tempe, susu kedelai, dan sayuran berdaun seperti bayam juga mengandung protein.

Baca juga:  9 Cara Alami Menghilangkan flek Hitam di Wajah

Makan makanan yang kaya asam lemak omega 3.

Omega 3 adalah jenis lemak yang berkontribusi untuk rambut yang sehat, berkilau dan kulit yang sehat. Asam lemak ini ditemukan di sejumlah makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, ikan salmon, minyak biji rami, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengambil suplemen minyak ikan untuk omega 3 jika memungkinkan.

Minum banyak air.

Jika Anda mengalami dehidrasi maka itu akan ditunjukkan oleh rambut Anda. Rambut Anda akan segera menjadi kering, kusam, dan lebih rentan terhadap kerusakan.Hal ini berarti air minum adalah unsur yang benar-benar penting agar rambut cepat tumbuh panjang.  Jika Anda memiliki kesulitan minum banyak air putih, boleh minum teh herbal atau air kelapa muda, dll sebagai gantinya. Namun Hindari kafein dan alk*hol, djuga jangan minum terlalu banyak soda. Pilih air putih sebagai gantinya.

Pijat kulit kepala dengan jari

Lakukan ini selama sekitar 5 sampai 10 menit untuk merangsang aliran darah bawah kulit kepala. Meningkatkan aliran darah berarti akan meningkatkan jumlah nutrisi yang diangkut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak lavender (minyak esensial murni) dapat digunakan untuk memijat pada kulit kepala sangat membantu untuk mempromosikan pertumbuhan rambut. Olahraga rutin juga akan meningkatkan aliran darah ke kepala, dan ke seluruh bagian tubuh Anda.

Kurangi stres Anda.

Stres dapat menyebabkan rambut rontok serta menurunkan kecepatan pertumbuhan rambut. Jika Anda menderita stres, cobalah hal-hal yang bisa mengusir stres seperti yoga atau latihan/kegiatan jenis lain yang bisa membantu Anda terbebas dari stres.

Dapatkan tidur yang cukup.

Mendapatkan delapan jam tidur adalah sangat penting. Tidur adalah waktu penting dimana tubuh Anda mengadakan aktifitas pertumbuhan dan perbaikan. Jika Anda tidak mendapatkan cukup waktu tidur, maka tubuh Anda juga tidak akan punya cukup waktu untuk menumbuhkan rambut Anda.

Coba menggunakan Masker rambut Alami

Telur sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut lebih cepat karena kaya protein dan mengandung zat besi, belerang, fosfor, seng, dan selenium. Anda dapat menggunakan telur sebagai masker rambut setidaknya untuk sebulan sekali.

Berikut ada 3 cara  menggunakan maskter telur

  1. Kocok telur terlebih dulu, lalu campurkan empat sendok makan minyak biji anggur dan beberapa tetes minyak lavender. Oleskan pada rambut hingga kulit kepala lalu biarkan selama setengah jam sebelum dikeramas dan dibilas.
  2. Campurkan dua butir kuning telur dan dua sendok makan minyak zaitun extra virgin di kulit kepala Anda. Biarkan diam selama 15 sampai 20 menit, lalu cuci rambut dengan air dingin lalu keramas .
  3. Kocok telur lebih dulu, tambahkan satu cangkir susu, dua sendok makan minyak zaitun extra virgin, dan perasan air dari 1/2 lemon. Oleskan pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum rambut dicuci dan keramas.

Masalah yang bisa mengambat pertumbuhan rambut

Usaha Anda untuk mempercepat pertumbuhan rambut tidak akan banyak mendatangkan hasil jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti gangguan tiroid, ketidakseimbangan hormon, penyakit kronis, atau infeksi berat.
Obat-obat tertentu seperti pil KB, beta blocker, steroid anabolik, antidepresan, antikonvulsan, dan lain-lain juga dapat menyebabkan masalah rambut seperti rambut menipis dan rontok.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *