Buah yang boleh dan baik untuk Diabetes

Buah yang boleh dan baik untuk diabetesBuah-buahan memang sangat lezat, apalagi dikonsumsi ketika sedang panas begini. Tapi apakah boleh buah dikonsumsi penderita diabetes?. Menurut American Diabetes Association (ADA), buah yang terkenal akan vitamin, mineral, dan serat, sebenarnya harus menjadi bagian dari diet diabetes Рhanya saja perlu memilihnya seperti yang Anda lakukan dengan semua karbohidrat. Kuncinya adalah untuk mengawasi porsi dan tidak pernah mengambil buah-buahan kalengan atau jus dengan jenis gula tambahan. Jika Anda menggunakan indeks glikemik (GI) untuk mengelola diabetes Anda, banyak buah yang bisa menjadi  pilihan yang baik karena GI rendah.

Advertisement

Jaga gula darah Anda dengan memilih buah segar rendah karbohidrat berikut.

Ceri

Ceri adalah buah rendah karbohidrat, rendah GI dan bisa aman untuk dimasukkan dalam diet diabetes Anda. Dua belas ceri manis memiliki 59 kalori dan 14 gram karbohidrat, tapi ceri tart mungkin menjadi pilihan yang sangat baik. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa ceri tart mengandung lebih banyak zat anti-inflamasi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Ceri tart juga mengandung antioksidan, yang dapat melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Ceri bisa dibeli segar, kalengan, beku, atau kering. Tapi karena banyak ceri kaleng dan buah-buahan kering ditambahkan gula, pastikan untuk memeriksa label kandungan dan bahan tambahannya sebelum dibeli.

Buah Persik

Buah persik yang berair ini dapat dimasukkan dalam diet diabetes rendah karbohidrat Anda. Ia Mengandung vitamin A dan C, kalium, dan serat.

Buah beri

Blueberry, stroberi, blackberry adalah jenis dari buah beri. Menurut ADA, beri adalah makanan super untuk diabetes karena kaya antioksidan, vitamin, serat, serta rendah karbohidrat. Tiga perempat cangkir blueberry segar mengandung 62 kalori dan 16 gr karbohidrat.

Aprikot

Aprikot yang manis ini rendah karbohidrat adalah tambahan yang bagus untuk rencana diet diabetes Anda. Satu buah aprikot hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Empat aprikot segar sudah menyediakan lebih dari 70 persen dari kebutuhan  vitamin A harian. Buah segar berair ini juga merupakan sumber serat yang baik.

Baca juga:  Top 10 MANFAAT Beras MERAH bagi Kesehatan

Apel

Satu Apel sehari menjauhkan Anda dari dokter. Apel dengan ukuran kecil hanya 54 kalori dan 14 gram karbohidrat. Apel juga mengandung serat dan sumber vitamin C yang baik. Jangan mengupas apel, karena kulit apel kaya antioksidan.

Jeruk

Makan satu buah jeruk saja sudah mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari. Buah ini rendah karbohidrat, GI rendah, hanya 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Jeruk juga mengandung folat dan kalium, yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

Pir

Pir adalah buah rendah karbohidrat dan pilihan yang baik untuk diabetes, dan merupakan sumber kalium dan serat yang baik.

Kiwi

Kiwi merupakan sumber kalium yang baik, serat, dan vitamin C. Satu kiwi besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gr karbohidrat, sehingga merupakan tambahan yang baik untuk diet diabetes.

Meskipun buah tertentu seperti diatas relatif rendah karbohidrat dan boleh untuk diabetes, namun yang perlu diperhatikan adalah porsinya asal tak berlebihan dan tak diberi gula.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *