Bolehkah makan Buah durian merah untuk Ibu hamil?

durian merah untuk ibu hamilBuah durian merah yang asalnya dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur kini menjadi buah bibir masyarakat di seluruh Indonesia. Terutama bagi mereka para penggemar buah durian, tentunya mereka tidak ingin melewatkan varian buah yang unik dan berkelas dari ujung timur pulau jawa ini. Potensi buah durian merah yang asli dari Banyuwangi ini telah menarik minat banyak orangĀ  termasuk ibu hamil untuk sekedar mencicipinya, terutama karena warna daging yang berbeda dari biasanya. Ibu hamil yang kebanyakan pencinta buah durian, tentu saja tidak ingin ketinggalan untuk ikut menikmati kelezatan dan kekhasan buah durian merah ini. Hal ini mungkin tidak jauh berbeda dengan keinginan ibu hamil yang sedang mengindam makanan tertentu.

Advertisement

Namun bolehkan ibu hamil mengkonsumsi buah durian merah?. Buah durian merah untuk ibu hamil tidak jauh berbeda dengan buah durian pada umumnya, kandungan senyawa aktif yang dimilikinyapun tidak jauh berbeda.

Kandungan gizi dan fakta Durian Merah untuk wanita hamil

Kandungan dan manfaat buah durian merah

Buah durian merah memiliki kandungan senyawa aktif yang beragam, seperti serat yang mana berfungsi untuk mengatasi atau menyingkirkan sembelit yang disebabkan oleh sistem metabolimse tubuh atau pencernaan yang tidak lancar, kandungan potassium dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga keremajaan kulit wajah dan anti penuaan, kandungan senyawa tembaga yang mampu merawat kesehatan kelenjar tiroid, juga memiliki kandungan vitamin B2, riboflavin, fosfor, vitamin B1, asam folat. Kandungan alami yang dimiliki oleh buah durian merah sebenarnya baik untuk kesehatan dengan catatan kuantitas buah durian merah yang Anda konsumsi tidak lebih dari 1-3 daging buah durian merah saja, karena dengan mengkonsumsi 1-3 daging buah durian merah, tubuh sudah mendapatkan nutrisi alami yang dimiliki oleh buah durian merah. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah durian merah secara berlebihan apalagi jika Anda sedang hamil karena dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan janin dan ibu hamil bisa memicu terjadinya kontraksi mulai dari skala kecil hingga skala yang cukup besar.

Baca juga:  Manfaat LUARBIASA Menyusui ASI eksklusif bagi Ibu dan Bayi

Durian merah untuk ibu hamil

Mengkonsumsi buah durian merah untuk ibu hamil, bisa jadi membahayakan atau tidak, tergantung dari kondisi kesehatan tubuh ibu hamil dan kesehatan janinnya serta jumlah buah durian merah yang Anda konsumsi pada saat itu. Bagaimana pun juga, baik itu buah durian merah atau buah durian biasa, mengkonsumsi buah durian disaat hamil masih dibolehkan dalam dunia kedokteran dengan catatan, konsumsi buah durian merahnya tidak melebihi porsi atau melebih batasan, jika dokter sudah berkata, tidak boleh makan lebih dari 2 maka turutilah perkataan dari dokter, terlepas dari nafsu makan atau sedang mengidam. Baca juga : Bolehkah ibu hamil tua makan durian?

Kesimpulan dan saran

Telah disebutkan sebelumnya jika buah durian merah memiliki manfaat yang sangat beragam terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita, hal ini tidak terlepas karena kandungan bahan aktif alami yang terdapat di dalam daging buah durian merah yang mana efektif untuk merawat kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Setelah memahami berbagai kandungan alami dari buah durian merah, Anda bisa menarik kesimpulan jika sebenarnya mengkonsumsi buah durian merah untuk ibu hamil itu diperbolehkan, asalkan buah durian merah yang dikonsumsi masih dalam batas wajar, tidak lebih dari jumlah yang telah ditentukan oleh dokter. Anda yang masih takut dan khawatir, namun mengindam untuk makan buah durian merah bisa bertanya atau melakukan konsultasi pada dokter kandungan.

Referensi durian merah : Merdeka.com

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *