Bolehkah Buah Durian Untuk Ibu Menyusui?

Durian untuk ibu menyusuiSalah satu varietas buah yang banyak mendapatkan perhatian karena kandungannya yang diragukan bermanfaat untuk ibu menyusui adalah buah durian. Berbeda dengan buah-buahan lainnya, ibu menyusui tidak bisa mengkonsumsi buah durian secara bebas sesuai dengan yang diinginkannya karena kandungan lemak, gas, glukosa di dalam buah durian sangatlah tinggi. Hingga saat ini masih menjadi bahan perdebatan, bolehkah buah durian untuk ibu menyusui, apa manfaatnya? karena menurut mitos, ibu menyusi tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah durian, namun tidak ada penelitian yang membahas dan membuktikan jika buah durian tidak baik dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Baca juga : http://www.manfaat-kesehatan.com/manfaat-buah-durian/

Advertisement

Bolehkah ibu menyusui makan buah durian? Mungkin inilah jawabannya!

Pertanyaan ini masih menjadi perdebatan diantara generasi masa kini dengan generasi terdahulu, generasi terdahulu menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi buah durian karena dapat membahayakan kesehatan ibu menyusui dan bayinya, karena mereka sudah memercayainya sejak lama.

Apakah ibu menyusui boleh makan durian?

Hubungan antara ibu dan bayi memang sangat erat, apalagi jika ibu berencana untuk memberikan ASI eksklusif. ASI akan menyalurkan nutrisi dan juga sedikit rasa dari makanan yang ibu menyusi konsumsi setiap harinya. Dan coba Anda pikirkan, disaat Anda mengkonsumsi buah durian secara tidak langsung, bayi akan menerima rasa dan nutrisi dari buah durian tersebut yang mana bila diperoleh dalam jumlah berlebih bisa membahayakan kesehatan bayi. Mengkonsumsi buah durian bagi ibu menyusui atau wanita yang sedang hamil sebenarnya belum mendapatkan pengamatan atau belum melakukan penelitian secara resmi jadi belum bisa ditarik kesimpulan jika buah durian itu menyebabkan efek negatif atau tidak.

Buah durian untuk ibu menyusui, adakah manfaatnya?

Anda yang sudah tidak tahan untuk makan buah durian diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah durian dengan mempertimbangkan beberapa kondisi. Yang pertama, perhatikan jenis buah durian yang akan Anda konsumsi, pastikan jika itu buah durian yang masih segar dan tidak banyak mengandung gas, glukosa atau lemak, Kedua, perhatikan juga porsi buah duriannya, jangan makan buah durian sebanyak satu buah karena itu terlalu berlebihan, usahakan untuk tidak makan buah durian lebih dari 3 biji, Ketiga, jika dirasakan ada rasa tidak nyaman pasca mengkonsumsi buah durian, baik terjadi pada Anda maupun pada bayi Anda, maka bersikaplah bijaksana dengan tidak mengkonsumsi buah durian di kesempatan berikutnya.

Baca juga:  Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat buah durian

Buah durian untuk ibu menyusui itu diperbolehkan asalkan porsinya tidak melebihi batas. Dan dari berbagai efek negatif yang dipercaya dimiliki oleh buah durian, buah durian pun memiliki beberapa manfaat, khususnya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari buah durian :

  • Mengkonsumsi buah durian dipercaya mampu mengatasi sembelit yang disebabkan oleh tubuh yang kekurangan serat
  • Mengkonsumsi buah durian juga bisa mengatasi anemia karena buah durian memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang mana dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat memproduksi sel darah merah
  • Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah durian, berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah maupun kulit badan sebagai anti-aging terbaik.
  • Kandungan potassium atau kalsium yang dimiliki oleh buah durian mampu menjaga kesehatan tulang serta kesehatan persendian
    Bolehkah buah durian untuk ibu menyusui, apa manfaatnya? banyak orang yang bertanya-tanya dan memperdebatkannya karena belum ada penelitian yang menunjukkan fakta jika buah durian itu baik atau buruk untuk ibu menyusui.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *