Berbahayakah Makan Buah Durian Untuk Ibu Hamil Muda?

Bolehkah durian untuk ibu hamil mudaDurian merupakan nama tumbuhan tropis yang asalnya dari wilayah di Asia Tenggara, nama durian sendiri diambil dari karakter khas kulit buah durian yang keras dan berlekuk tajam tampak menyerupai duri. Buah durian disebut-sebut atau populer sebagai “raja dari segala jenis buah.” Buah durian merupakan buah kontroversial, sangat kontras sekali, antara yang sangat menyukainya dengan mereka yang sangat tidak menyukainya. Buah durian memiliki nama-nama lokal yang berbeda di setiap daerahnya, bila di Jawa buah ini terkenal dengan nama duren. Banyak mitos atau kabar burung yang menyebar yang mana mengatakan jika buah durian memiliki kandungan alami yang dapat membahayakan ibu yang sedang hamil muda.

Advertisement

Namun benarkah jika mengkonsumsi buah durian untuk ibu hamil muda itu tidak boleh?

Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini :

Kandungan alami buah durian

Buah durian yang memiliki aroma tajam dan tekstur yang lembut di mulut ini terdiri dari beragam senyawa aktif, di dalam 100 gram buah durian, Anda akan mendapatkan karbohidrat, serat pangan, protein, lemak, mineral, vitamin C dan kalium serta senyawa aktif lainnya. Baca juga : Manfaat buah durian bagi kesehatan

Lalu apa memang bahaya bagi Ibu hamil?

Buah durian yang kaya akan kandungan gas, glukosa, sedikit alkohol serta kolesterol akan menimbulkan kontraksi yang mana bila dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan janin dan ibu hamil muda. Pada dasarnya, tidak ada buah-buahan pantangan yang tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil muda, semua buah aman untuk dikonsumsi asalkan porsinya sesuai. Untuk ibu hamil muda, yang baru menginjak trimester pertama, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah durian untuk ibu hamil muda karena kandungan gas, alkohol dan kolesterolnya akan menimbulkan reaksi kontraksi pada janin dalam skala yang jauh lebih tinggi dibandingkan pada ibu hamil yang sudah melewati trimester pertama. Walaupun ibu hamil yang sudah melewati trimester pertama diizinkan untuk mengkonsumsi buah durian, namun tidak boleh mengkonsumsinya lebih dari 2 biji perhari.


Secara tradisional dan sudah dipercaya sejak lama dari zaman nenek moyang kita, jika mengkonsumsi buah durian dapat membahayakan kondisi janin dan ibu hamil muda, padahal mengkonsumsi buah durian masih diperbolehkan secara medis dengan catatan buah durian yang Anda konsumsi masih berada dalam batas porsi yang wajar jika mengingat kandungan senyawa aktif yang dimiliki oleh buah beraroma tajam ini.
Buah durian sebaiknya tidak dikonsumsi dalam porsi yang besar disaat Anda sedang hamil muda, apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit gula serta kolesterol tinggi karena kandungan kolesterol dan alkoholnya dapat memicu komplikasi penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga:  Bolehkah Ibu Hamil Tua Makan Buah Durian?

Kesimpulan

Setelah menyimak ulasan singkat di atas, sudah pahamkah Anda mengenai buah durian untuk ibu hamil muda? apa benar berbahaya atau tidak, karena kekuatan mitos itu sangatlah besar, hingga saat ini masih banyak ibu hamil muda yang memegang ajaran leluhur dan mengesampingkan penelitian atau saran dokter, padahal tidak semua mitos yang berkembang seputar ibu hamil muda di masyarakat tidak 100% benar dan bisa dipertanggung jawabkan, Anda yang masih belum yakin dan masih takut untuk mengkonsumsi buah durian, bisa membuat janji untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Saran :

Anda bisa menanyakan pada dokter kandungan Anda, mengenai bahaya buah durian untuk ibu yang sedang hamil, baik itu hamil muda atau hamil tua, dokter akan memberikan penjelasan secara medis, apa memang buah durian itu berbahaya ataukah tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda.

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Durian

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *