Inilah Bahayanya sering mengkonsumsi minuman bersoda

Bahayanya minuman bersodaMinuman bersoda memang sangat menggoda untuk diminum, terutama pada saat siang yang terik atau habis mengkonsumsi makanan besar. Mungkin banyak orang hanya mengira bahwa rutin mengkonsumsi minuman bersoda tak ada efek kesehatan yang buruk, selain hanya mengalami kenaikan berat badan. Sebenarnya efek ini tak begitu perlu terlalu dikhawatirkan, namun bahayanya minuman soda jauh lebih besar dan mungkin tidak pernah Anda bayangkan! Soda mengandung banyak bahan kimia beracun yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia setiap hari. Sakit kepala , kelelahan, gangguan otak, bahkan hingga tulang mudah patah dan penyakit lambung karena sifat asamnya. Baca juga : Gejala usus buntu ringan, kronis, dan pengobatannya

Advertisement

Berikut beberapa bahayanya akibat rutin minum minuman bersoda

Bersifat neurotoksin(racun saraf)

Aspartam adalah neurotoksin, karsinogenik yang sangat adiktif, adalah terdiri dari asam aspartat, fenilalanin dan metanol. Methanol adalah jenis alkohol tanaman yang berubah menjadi formaldehyde ketika dipanaskan. Bahayam asam aspartat dan fenilalanin ini adalah dapat menghancurkan neuron di otak. Aspartam pada dasarnya adalah “exocitoxin,” yang mengikat neuron sampai akhirnya mati, seperti yang ditunjukkan oleh seorang ahli bedah saraf Dr Russell Blaylock L.

Menyebabkan Sakit Kepala

Senyawa kimia yang terdapat pada minuman ringan bersoda adalah penyebab utama bagi kebanyakan orang merasakan sakit kepala setelah mengkonsumsinya. Sebuah bahan utamanya, sucralose telah ditemukan menyebabkan migrain dan masalah saluran pencernaan, berdasarkan berbagai laporan beberapa kasus.

Bersifat mengasamkan

Soda adalah bahan yang sangat asam. Hal ini menduduki peringkat top 3 dalam daftar pH tertinggi, yang sangat beracun bagi tubuh manusia. pH 5.5 adalah angka ambang batas yang dapat merusak enamel, sehingga minum soda bisa dibilang akan menggerogoti gigi. Itu adalah dampak terhadap enamel gigi yang sebenarnya lebih kuat daripada tulang; nah, bayangkan apa yang terjadi jika ke organ tubuh! Soda juga bersifat menghilangkan mineral tulang kita, dan merupakan penyebab utama penyebab patah tulang dan osteoporosis. Dengan pH yang sangat asam, soda bisa membuat kulit terlihat kusam, dan akan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya.

Baca juga:  Gejala-gejala Hepatitis A,B,C, D, E dan kronis akut

Kegemukan

Telah ditemukan bahwa ketika peserta minum soda, ada peningkatan yang signifikan hormon dalam usus yang mempromosikan penyimpanan energi dan kerja insulin mengurangi nafsu makan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soda tidak meningkatkan insulin melalui kerja usus, tetapi hanya ketika juga ada glukosa – terutama selama waktu makan. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum soda bisa mencegah penurunan berat badan.

Peningkatan beban toksisitas

Ada sejumlah besar bahan kimia dalam soda yang meningkatkan beban toksisitas tubuh Anda. Memakan bahan kimia yang tidak diinginkan tubuh akan meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh dengan lebih cepat. Radikal bebas bersifat buruk untuk meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Penelitian terbaru yang dilakukan menemukan hubungan antara konsumsi rutin soda dan penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan selama lebih dari 10 tahun dan melibatkan hingga 2600 peserta orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa diet dan konsumsi minuman bersoda biasa dikaitkan dengan banyak faktor risiko untuk mengembangkan penyakit jantung. Rutin meminum soda juga terkait dengan peningkatan risiko stroke, serangan jantung dan kematian.

Mungkin menyebabkan sindrom metabolik dan diabetes melitus tipe 2

Penelitian telah menunjukkan korelasi antara diet minuman ringan bersoda dan penyakit kronis, yang terkait risiko sindrom metabolik. Ditemukan bahwa mengkonsumsi rutin soda dikaitkan dengan peningatan risiko sindrom metabolik sebesar 36% dan risiko diabetes tipe 2 sebesar 67% jika dibandingkan dengan orang yang tidak emngkonsumsi

Dengan melihat semua risiko kesehatan minuman bersoda diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa minuman ini hampir tidak layak untuk dikonsumsi rutin jika peduli kesehatan. (Source)

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *