Apakah Makanan Pedas Baik untuk Kesehatan?

Manfaat makanan pedasMengkonsumsi makanan pedas berpotensi memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. Hal ini karena kebanyakan makanan yang pedas secara alami mengandung senyawa nabati yang kuat yang disebut dengan capsaicinoid, yang telah ditemukan mencegah penyakit kronis. Ditambah dengan kandungan tinggi vitamin dan antioksidan, paprika, lada, dan cabai yang pedas sangat mendukung bagi kesehatan yang lebih baik.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat menarik makanan pedas bagi kesehatan :

Kesehatan jantung

Paprika dan cabai mengandung zat yang disebut capsaicin, yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah dan juga baik untuk jantung.

Menurunkan resiko kanker

Paprika yang pedas telah terbukti mengaktifkan reseptor sel di lapisan usus Anda, dan menciptakan reaksi yang menurunkan risiko kanker. Capsaicin telah terbukti efektif melawan kanker pay*dara, kanker pankreas dan kanker kandung kemih, meskipun Anda mungkin akan membutuhkannya dalam jumlah banyak secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Membantu program penurunan berat badan

Makanan pedas termasuk paprika, cabai, dan merica, meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu merasa kenyang walaupun porsi makan kurang. Pada saat yang sama, cabai juga bisa membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa capsaicin bisa membantu untuk mengurangi jaringan lemak, kadar lemak darah dan melawan penumpukan lemak dengan cara memicu perubahan protein yang bermanfaat dalam tubuh.

Pereda nyeri:

Capsaicin dalam cabai adalah zat anti-inflamasi kuat yang bermanfaat untuk menghilangkan berbagai jenis rasa nyeri. Ia bekerja dengan cara mendesensiti reseptor sensorik di kulit .

Meningkatkan kehidupan suami istri :

Makanan pedas lain yaitu Ginseng dan saffron telah terbukti bermanfaat sebagai afrodisiak yang membantu meningkatkan kinerja dikamar. Ginseng memiliki kemampuan meningkatkan tingkat energi dan mempercepat metabolisme.

Kehati-hatian

  • Mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga bisa menyulitkan untuk memperoleh kualitas tidur malam yang baik. Hal ini mungkin karena capsaicin dapat mempengaruhi tidur melalui perubahan suhu tubuh Anda. Makanan pedas juga dapat mengiritasi kandung kemih, dan jika Anda memiliki infeksi saluran kemih (ISK) mungkin sebaiknya menunda makan pedas sampai Anda sembuh.
  • Banyak yang mengatakan harus menghindari makanan pedas jika memiliki masalah dengan perut, namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa panas dari cabai justru sebenarnya bisa menjadi pelindung. Cabai tak hanya telah ditemukan bisa mengurangi risiko pendarahan perut pada orang yang memakai obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, tapi juga dapat mengurangi risiko tukak lambung secara signifikan. jadi sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter Anda jika memiliki masalah pencernaan sebelum makan cabai atau makanan pedas lainnya.

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *