Akibat Jika Asam Urat Tinggi bagi kesehatan tubuh

akibat asam urat tinggiKelebihan asam urat dalam darah dikenal dengan istilah medis Hiperurisemia. Asam urat telah melewati hati, kemudian memasuki aliran darah Anda; sebagian besar asam urat ini akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin atau melewati usus Anda supaya tetap dalam tingkat yang normal. Kadar asam urat dalam darah yang normal adalah 2,4 hingga 6,0 mg / dL untuk wanita, dan 3,4-7,0 mg / dL untuk laki-laki, namun nilai yang dianggap normal akan bervariasi dari satu laboratorium ke laboratorium lain. Juga penting untuk kadar asam urat darah oleh purin. Purin adalah senyawa yang mengandung nitrogen yang dibuat di dalam sel-sel tubuh (endogen), atau bisa masuk dari luar tubuh dari makanan yang mengandung purin (eksogen); dan purin ini kemudian akan terurai menjadi asam urat.

Advertisement

Peningkatan kadar asam urat oleh kelebihan purin ini bisa menumpuk pada jaringan tubuh Anda dan membentuk kristal. Hal ini dapat menyebabkan tinggi kadar asam urat dalam darah. Pembentukan asam urat bisa terjadi ketika darah kadar asam urat naik di atas 7 mg / dL. Masalah selanjutnya atau lebih tepatnya kelebihan asam urat lambat laun akan membentuk sesuatu seperti batu ginjal, dan penumpukan kristal asam urat pada persendian terutama pada jari-jari kaki bisa terjadi.

Berikut membahas tentang efek samping atau akibat jika memiliki kelebihan kadar asam urat dalam darah :

Penyebab

Penyebab dari kadar asam urat tinggi bisa bersifat primer ( karena purin), dan sekunder ( karena penyakit atau kondisi lain). Terkadan tubuh bisa memproduksi asam urat lebih banyak namun kurang dalam mengekskresikannya. Hal ini termasuk:

Hiperuresemia Primer

  1. Peningkatan produksi asam urat dari purin
  2. Ginjal Anda tidak bisa membuang asam urat dalam darah sehingga kelebihan tingkat asam urat dalam darah

Hiperuresemia  Sekunder

  1. Kanker jenis tertentu atau agen kemoterapi yang menyebabkan peningkatan kematian sel. Tetapi kadar asam urat yang tinggi dapat terjadi sebelum kemoterapi diberikan.
  2. Penyakit ginjal  dapat menyebabkan tubuh Anda tidak bisa menghilangkan asam urat dari tubuh sehingga menyebabkan hiperurisemia.
  3. Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah
  4. Asidosis metabolik yaitu konsumsi protein dalam jumlah tinggi yang tidak dapat dimetabolisme dengan baik, dan hasilnya adalah kelebihan kadar asam urat dalam darah.

Gejala umum

  • Anda mungkin tidak merasakan gejala apapun.
  • Anda mungkin memiliki gejala pada ginjal, atau gout arthritis sebagai akibat¬† dari kadar asam urat yang tinggi dalam darah .
  • Anda mungkin memiliki masalah ginjal yang disebabkan oleh pembentukan batu ginjal, atau bermasalah dengan buang air kecil
Baca juga:  Efek samping buruk sering makan daging ayam broiler

Akibat/dampak atau efek samping

Kadar asam urat yang tinggi ini bisa menyebabkan masalah pada ginjal atau juga bisa tidak sama sekali. Seseorang bisa hidup bertahun-tahun dengan kadar asam urat yang tinggi, dan merekapun juga tidak mengembangkan gout atau gout arthritis (radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat). Hanya sekitar 20% saja dari orang yang memiliki kadar asam urat tinggi yang pernah mengembangkan gout, dan beberapa orang dengan gout justru tidak memiliki kadar asam urat dalam darah yang tinggi secara signifikan. Berikut akibat yang bisa ditimbulkan oleh asam urat tinggi:

Gout athritis: Efek samping terlalu banyak asam urat dalam darah yang sering ditemukan adalah mengembangkan gout yang menyakitkan. Ketika asam urat berlebih tidak dibuang oleh ginjal, maka bisa membentuk kristal yang sering berhenti pada sendi kaki dan tangan – terutama sendi di jempol kaki. Kristal-kristal tersebut bersifat sangat tajam sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang dikenal sebagai gout arthritis. Gout lebih banyak ditemukan pada pria, tapi wanita dan remaja mungkin mengembangkannya karena kebanyakan mengkonsumsi produk makanan hewani .

Berisiko Batu ginjal: Terlalu banyak asam urat meningkatkan risiko batu ginjal urat pada beberapa orang, yaitu yang terbentuk ketika asam urat mengkristal dan disimpan di ginjal. Batu-batu ini bisa terdiri dari berbagai ukuran, mulai seukuran butiran pasir hingga menyerupai batu kerikil. Batu-batu ini menghambat jalannya urin, adalah kondisi yang serius dan sangat menyakitkan.

Yang perlu dilakukan jika asam urat tinggi

  • Menanyakan kepada dokter tentang obat apapun yang diperlukan
  • Mengatakan kepada dokter atau jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, liver, ginjal, atau penyakit jantung.
  • mengikuti petunjuk dokter mengenai cara mengobati atau menurunkan tingkat asam urat darah Anda.
  • Jika Anda memiliki asam urat tinggi, dan ahli kesehatan Anda berpikir bahwa Anda mungkin beresiko gout, dan batu ginjal, cobalah untuk makan diet rendah purin.

Makanan yang tinggi purin, yang perlu dihindari jika memiliki asam urat tinggi :

  1. Semua daging jerohan, daging
  2. Ragi, dan makanan terfermentasi ragi
  3. Asparagus, bayam, buncis, kacang polong, lentil, oatmeal, kembang kol dan jamur

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *