Air putih bermanfaat Menurunkan Kolesterol, Gula Darah, dan Natrium

minum air putihFakta menunjukkan bahwa sekitar dua pertiga dari tubuh kita terdiri dari air, sehingga hal ini mungkin cukup menjelaskan bahwa mengkonsumsi air sangatlah penting bagi kesehatan kita. Sebuah studi baru menemukan bahwa dengan meningkatkan konsumsi air putih, maka kita dapat mengontrol berat badan dan mengurangi gula, natrium dan lemak jenuh. Para peneliti mengatakan bahwa minum lebih banyak air berhubungan dengan berkurangnya asupan gula, natrium dan lemak jenuh. Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Human Nutrition dan Diet , yang dipimpin oleh Prof. Ruopeng An, dari University of Illinois. Baca juga : Berapa liter jumlah Air putih yang perlu kita minum sehari-hari?

Advertisement

Meskipun kebanyakan orang memenuhi kebutuhan cairan tubuh mereka dengan cara minum air putih dan bermacam minuman lain, kita juga mendapatkan cairan dari makanan tertentu seperti kuah sup, buah tomat dan buah pir, semangka dsb.

Untuk menyelidiki lebih lanjut tentang bagaimana meningkatkan asupan air dapat mempengaruhi ukuran kesehatan. Para peneliti menggunakan sampel perwakilan dari lebih 18.300 orang dewasa di AS dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2005-2012.

Para peneliti meminta peserta untuk mengingat semua makanan dan minuman yang sudah mereka konsumsi selama 2 hari antara 3 -10 hari terpisah.

Profesor Ruopeng kemudian menghitung jumlah air putih yan dikonsumsi masing-masing peserta sebagai persentase dari asupan harian air dari makanan dan minuman.

Meskipun minuman seperti teh hitam, teh herbal dan kopi tidak dinilai sebagai sumber air putih, namun Professor Ruopeng tetap memasukkan kadar air dalam perhitungan total konsumsi.

Mempromosikan konsumsi air : strategi kesehatan masyarakat

Setiap hari para peserta yang mengonsumsi rata-rata sekitar 4,2 cangkir air biasa menyumbang lebih dari 30% dari total konsumsi air mereka.

Asupan kalori rata-rata untuk setiap peserta adalah 2.157 kalori , termasuk 125 kalori dari minuman manis dan 432 kalori dari makanan, kue-kue, makanan ringan dan makanan lain yang tidak penting.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang meningkatkan konsumsi air putih per satu sampai tiga cangkir sehari menurunkan asupan energi total sekitar antara 68 -205 kalori setiap hari, dan asupan natrium mereka  78 -235 gr setiap hari.

Baca juga:  Obat Tradisional agar Mudah tidur dan bisa Nyenyak

Untuk tujuan penelitian, “air putih” didefinisikan sebagai air keran, mata air, minuman botol.

Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa orang-orang yang meningkatkan konsumsi airnya juga asupan gula berkurang 5 -18 gr, serta berkurang kolesterol 7-21 gr .

Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin sudah cukup untuk merancang dan memberikan  intervensi gizi dan kampanye pendidikan secara universal yang mempromosikan konsumsi air putih untuk penggantian minuman berkalori dalam subkelompok populasi yang beragam, tanpa adanya kekhawatiran yang mendalam tentang pesan dan kustomisasi strategi, kata Profesor Ruopeng.

Dia dan timnya juga menambahkan bahwa efek ini adalah sama untuk semua orang didunia tanpa memandang tingkat pendidikan, keturunan, tingkat pendapatan dan berat badan. Namun lebih besar kepada pria daripada wanita, dewasa muda atau setengah baya daripada orang tua.

Prof. Ruopeng menunjukkan perbedaan-perbedaan ini bisa dikaitkan dengan asupan kalori harian yang lebih tinggi pada pria dan orang dewasa muda atau setengah baya.

Para peneliti mengambil kesimpulan studi mereka dengan mencatat bahwa “mempromosikan asupan air putih bisa menjadi strategi kesehatan masyarakat yang bermanfaat untuk mengurangi konsumsi energi dan menargetkan konsumsi gizi pada orang dewasa AS.”

Medical News Today sebelumnya melaporkan sebuah studi yang menyarankan untuk meletakan dispenser air di sekolah untuk menurunkan obesitas pada siswa .

[Medical Disclaimer]

Advertisement

Bagikan yang bermanfaat kepada rekan dan kerabat dekat Anda dengan tombol berikut :

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *